UNTUK INDONESIA
Profil One Direction, Bikin Heboh Jelang Ultah ke-10
Setelah lama mengumumkan bubar, One Direction tiba-tiba muncul dengan sejumlah tanda tanya bagi penggemar dan publik musik pop dunia.
One Direction sebelum Zayn Malik mengundurkan diri pada 2015. (Foto: Instagram/onedirection)

Jakarta - Setelah lama mengumumkan bubar, One Direction tiba-tiba muncul dengan sejumlah tanda tanya bagi penggemar dan publik musik pop dunia. Digadang-gadang boyband Inggris-Irlandia itu akan menggelar reuni.

Kemunculan boyband yang beranggotakan Harry Styles itu memang hanya sebatas di media sosial. Namun, pesan yang disampaikan jelang ulang tahun alias ultah ke-10 One Direction itu, mengisyatkan kembalinya mereka ke blantika musik.

"Besok! Kamu dan aku akan mempunyai banyak sejarah," demikian keterangan unggahan yang hanya kata singkat dalam bingkai foto diikuti hashtag '10 Tahun 1D'.

One Direction memang sempat eksis di tangga lagu popopuler dunia. Namun, sebelum namanya dikenal, boyband yang mempopulerkan lagu Live While We're Young itu sempat jatuh bangun dalam ajang pencarian bakat.

Pada awalnya, Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson dipertemukan saat sesi ke-7 ajang pencarian bakat The X Factor. Bakat kelimanya kemudian diasah dalam nama One Direction.

One DirectionBoyband One Direction. (Foto: Twitter/onedirection)

Meski berada di urutan ke-3 ketika final The X Factor, boyband itu tak patah ara dengan tetap terus berkarya. Mereka merilis debut single Forever Young pada Februari 2011. Lagu itu sukses berada di puncak tangga lagu The Sunday Times. Dalam meracik lagunya, mereka  bekerjasama dengan produser rekaman asal Los Angeles, RedOne.

Kesuksesan single pertama langsung diikuti dengan pembuatan album perdana, Up All Night. Ketika Whats Makes You Beatiful diluncurkan sebulan setelah album Up All Night dirilis pada November 2011, single itu diterima dengan tangan terbuka oleh penikmat musik dunia.

Lagu itu menduduki posisi ke-1 di UK Singles Chart Sony Music Entertaiment, sukses mengawali debut One Direction di Billboard Hot 100 di nomor 28.

Diterimanya karya mereka di publik membuat One Direction menggelar tur konser keliling Inggris. Nama mereka juga semakin bersinar karena kerap wara-wiri di televisi dan radio.

Penampilan televisi pertama mereka di acara The Today Show yang berlangsung di gedung Rockefeller Center. Ketika itu, 15.000 penggemar berkerumun ingin melihat langsung One Direction di gedung tersebut.

Setahun berlalu, One Direction merilis album Take Me Home pada November 2012. Pembuatan album ini mereka menghabiskan waktu selama enam bulan di Stockholm.

Album tersebut sukses menyentuh hati para penikmat musik di dunia. Terbukti rekaman mereka habis terjual 54.000 ekslamplar di minggu pertama. Adapun lagu-lagu yang menjadi hits di album ini seperti Whats Makes You Beatiful, One Thing, Live While We're Young, dan Little Things.

Selanjutnya, One Direction merilis album Midnight Memories pada 2013. Single album ini ada empat, yaitu Best Song Ever, Story of My Life, Midnight Memories dan You & I. Best Song Ever juga dipakai dalam film dokumenter 3D yang menceritakan One Direction.

One DirectionOne Direction selepas Zayn Malik mengundurkan diri pada 2015. (Foto: Instagram/onedirection)

Dalam 24 jam setelah dirilis pada 22 Juli 2013, Best Song Ever memecahkan rekor pengunjung YouTube kanal Vevo dengan raihan 10,9 juta orang yang melihat. Rekor 24 jam dilihat orang ini kembali dipecahkan Live While We're Young dengan 8,2 juta viewers sejak diluncurkan pada 20 September 2013.

Kesuksesan album ketiga juga bersamaan dengan rilisnya DVD film dokumenter 3D One Direction. DVD format blueray itu terjual 270.000 eksemplar selama tiga hari perilisan. Raihan itu membuat mereka dinobatkan sebagai Top Global Artist of 2013oleh IFPI.

Di tahun 2013 juga, anggota One Direction dinobatkan menjadi selebriti di bawah 30 tahun dengan penghasilan tertinggi ke-2 di dunia menurut majalah Forbes. Nominasi itu juga melipti musisi/artis terlaris di dunia tahun 2013.

2014-2015 menjadi tahun terberat One Direction. Di tengah perasaan bahagia kesuksesan album mereka berjudul Four yang dirilis pada November 2014, Zayn Malik memutuskan untuk keluar pada 25 Maret 2015. Kekasih Gigi Hadid itu hengkang ketika single-single album Four berada di urutan atas tangga lagu Billboard 200 dan UK Album Chart.

Album keempat boyband ini melahirkan hits di antaranya Fireproof, Steal My Girl, dan Night Changes. Namun yang menjadi lagu andalan dalam album ini adalah Steal My Girl.

Meski merasa kehilangan, personel One Direction yang tersisa tetap meneruskan untuk berkarya. Jadwal konser tur One Direction yang padat tetap dijalani, sementara album kelima mereka berjudul Perfect juga dirilis di tahun ketika Zayn cabut, yaitu pada Oktober 2015.

Pada 2016, One Direction memutuskan untuk istirahat sementara dari kesibukan di dunia musik. Penampilan terakhir mereka di layar kaca ketika menjadi bintang tamu di acara Dick Clark's New Year's Rockin' Eve pada malam tahun baru 2016.

Namun, pada 13 Januari 2016, Us Weekly menyebutkan personel One Direction bukan memutuskan cuti, tetapi bubar secara permanen. Itu didapatkan Us Weekly lewat informan yang menyatakan tak ada satu pun personel One Direction menandatangani berkas perpanjangan kontrak dengan label mereka bernaung.

One Direction tak bisa dianggap sebelah mata di dunia pop mainstream, karena sepanjang kariernya meraih hampir 200 penghargaan.


Berita terkait
Muncul Jelang Ultah ke-10, One Direction Bakal Reuni?
Menjelang ulang tahun ke-10, boyband One Direction akan melakukan reuni?
Dua Tahun Vakum, Akun One Direction Mencuit di Twitter
Akun Twitter resmi One Direction, akhirnya menuliskan cuitan pertamanya sejak dua tahun lalu, menjelang hari ulang tahun kesepuluh mereka.
One Direction Bubar, Fans Heboh Jelang Ultah ke-10
Meskipun One Direction telah bubar, para penggemar tetap akan merayakan hari jadi yang kesepuluh boyband kenamaan asal Inggris itu.
0
Profil One Direction, Bikin Heboh Jelang Ultah ke-10
Setelah lama mengumumkan bubar, One Direction tiba-tiba muncul dengan sejumlah tanda tanya bagi penggemar dan publik musik pop dunia.