Produsen Mobil Tekankan Pilihan Konsumen Saat Promosi Mobil Listrik Gencar

Pilihan konsumen merupakan tema utama pada Chicago Auto Show 2023, pameran mobil terbesar dan paling lama di Amerika Utara
Mobil listrik yang diproduksi Toyota dipamerkan dalam acara Chicago Auto Show, AS, pada 9 Februari 2023. (Foto: voaindonesia.com/AP/Charles Rex Arbogast)

TAGAR.id, Jakarta - Harga rata-rata kendaraan baru di Amerika Serikat (AS) menjulang di atas 49 ribu dolar atau setara dengan Rp 746.123.000 pada Desember 2022 lalu, menjadikannya rekor tertinggi dalam catatan. Kane Farabaugh melaporkannya untuk VOA.

Sementara warga AS semakin memperhatikan harga pada saat inflasi tinggi dan suku bunga yang meningkat, pilihan konsumen merupakan tema utama pada Chicago Auto Show 2023, pameran mobil terbesar dan paling lama di Amerika Utara.

Selain menjadi kesempatan bagi para produsen untuk menawarkan produk mereka yang terbaru, acara pameran mobil sebelumnya semakin sering menyoroti kendaraan listrik yang dikenal dengan sebutan EV(electric vehicles) atau BEV (Battery Electric Vehicle). Kendaraan listrik menjanjikan masa depan yang bebas karbon untuk sektor transportasi darat.

Meskipun kendaraan listrik semakin nyaring didengungkan, tahun ini produsen juga ingin konsumen mempunyai pilihan lain.

Curt McAllister adalah manajer regional Toyota. Ia mengatakan, “Kami yakin dunia otomotif tidak bisa mengandalkan satu formula saja.”

Ia menambahkan bahwa Toyota menawarkan pilihan mobil listrik dan mobil dengan bahan bakar bensin, dan keberagaman jenis kendaraan tersebut mencerminkan masukan dari konsumen.

Mobil ListrikPemerintah Optimis Bakal Capai Target Bangun Ekosistem Baterai Mobil Listrik. (Foto: Tagar/Istimewa)

“Konsumen kami mengatakan mereka ingin banyak pilihan. Mereka tidak ingin dipaksa untuk memilih satu jenis kendaraan saja.”

Itulah sebabnya Toyota mengeluarkan Prius generasi ke lima, kendaraan hibrida yang menggunakan batere dan mesin BBM.

“Kami kini memiliki 21 hibrida, baik Toyota maupuan Lexus,” kata McAllister.

“Jadi ini berperan besar dalam pesan karbon netral kami,” ujarnya. Ia menambahkan, Toyota tidak mengabaikan pasar kendaraan listrik yang tumbuh cepat namun harganya masih tergolong mahal.

Menurut data lembaga riset Motor Intelligence, penjualan kendaraan listrik di AS meningkat sekitar 65 persen pada 2022 dari tahun sebelumnya. Jumlah penjualan kendaraan listrik berkontribusi hampir 6 persen dari total penjualan seluruh kendaraan di AS pada tahun lalu. (jm/ka)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Jadi Grand Prize Gelegar Cuan PLN Mobile, Inilah Sederet Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik
Puncak acara Gelegar Cuan PLN Mobile 2022 telah sukses menarik ribuan masyarakat untuk hadir di Benteng Vastenburg, Kota Solo.
0
Produsen Mobil Tekankan Pilihan Konsumen Saat Promosi Mobil Listrik Gencar
Pilihan konsumen merupakan tema utama pada Chicago Auto Show 2023, pameran mobil terbesar dan paling lama di Amerika Utara