UNTUK INDONESIA

Produksi Mobil Dunia Terhambat Kelangkaan Chip Semikonduktor

Industri otomotif dunia ibarat berada dalam kondisi perang semua melawan semua, pandemi membuat pasokan semikonduktor tersendat
Ilustrasi: Produksi mobil (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Industri otomotif dunia ibarat berada dalam kondisi perang semua melawan semua. Pandemi virus corona membuat pasokan semikonduktor tersendat, para pembuat mobil berebut menggeruduk pasar. Ashutosh Pandey melaporkannya untuk dw.com/id.

Dua pembuat mobil terbesar dunia, Toyota dan Volkswagen (VW), baru-baru ini terpaksa memperlambat atau bahkan menghentikan produksi mobil karena kelangkaan semikonduktor yang melumpuhkan pasokan suku cadang mobil.

Sejak pandemi virus corona merebak secara global, produksi chip dan semikonduktor mengalami distorsi berat yang berpengaruh besar di industri otomotif. Ketika situasi pelahan membaik, pasar chip semikonduktor diserbu para produsen Smart-TV, smartphone, tablet, playstation dan berbagai gadget elektronik. Semikonduktor adalah alat yang bekerja seperti tabung electron.

pabrik continentalPabrik Continental untuk perangkat mobil listrik di Nürnberg (Foto: dw.com/id)

Kebijakan lockdown yang diterapkan di mana-mana, terutama di negara-negara industri, memang memicu penjualan peralatan eletronik rumahan. Bagi pemasok semikonduktor, industri mobil memang berada di urutan belakang daftar prioritas.

1. Mobil Modern Makin Tergantung pada Semikonduktor

Kondisi makin parah, karena mobil-mobil terbaru sekarang tidak bisa lagi mengabaikan fitur-fitur interaktif terbaru, seperti layar sentuh, sistem navigasi, konektivitas dengan Bluetooth dan lain sebagainya, yang dulu tidak dibutuhkan dalam sebuah mobil. Terutama pemasok suku cadang terbesar dunia, Bosch dan Continental, harus berjuang keras mendapatkan semikonduktor.

"Setelah industri ditutup pada fase awal krisis corona, dan mengakibatkan penurunan permintaan yang tiba-tiba, sekarang produsen mobil di semua wilayah mulai meningkatkan produksi jauh lebih cepat dari yang diperkirakan para analis pasar. Akibatnya terjadi kekurangan pasokan dalam skala besar untuk semikonduktor," kata juru bicara Continental.

pabrik mercedesPabrik Mercedes di Sindelfingen (Foto: dw.com/id)

"Sekarang masa tunggu enam sampai sembilan bulan. Industri semikonduktor tidak bisa berkembang cukup cepat untuk memenuhi naiknya permintaan otomotif yang tiba-tiba dan tidak terduga ini," jelasnya. Tapi masalah utamanya adalah meningkatnya permintaan sektor industri elektronik rumahan.

2. Produksi Terpaksa Diperlambat

Produsen mobil terbesar Jerman, Volkswagen, mengatakan kepada DW bahwa kekurangan chip semikonduktor telah menghambat produksi di pabriknya di China, Amerika Serikat dan Eropa. Di markas utamanya di Wolfsburg, produksi mobil terpaksa harus dibatasi.

Perusahaan otomotif Jerman yang lain, Daimler, menyatakan sedang "menyesuaikan" jadwal produksinya di pabrik Mercedes-Benz di Rastatt, Jerman. Namun Daimler mengatakan masih terlalu dini untuk mengukur dampak kelangkaan semikonduktor. Sedangkan BMW mengatakan, sejauh ini kelangkaan semikonduktor belum menyebabkan gangguan dalam jadwal produksi.

Bosch menerangkan, tren ini tentu saja memengaruhi pasokan mereka untuk produksi mobil. Sementara saingannya, Continental, meminta pelanggannya untuk "menyesuaikan produksi atau menyesuaikan bauran produk mereka" dengan kondisi saat ini.

Penjualan mobil global mengalami pemulihan cepat, didorong oleh permintaan yang kuat untuk mobil premium di China, yang saat ini menjadi pasar mobil terbesar dunia. Para analis pasar memperkirakan, kondisi pasokan semikonduktor baru akan membaik paling cepat pada kuartal kedua tahun ini (hp/yp)/dw.com/id. []

Berita terkait
Pasokan Semikonduktor Langka, Produksi Nissan Note Dipangkas
Nissan melakukan pemangkasan produksi mobil Nissan Note milik mereka karena kelangkaan pasokan semikonduktor (bahan setengah penghantar listrik).
0
Produksi Mobil Dunia Terhambat Kelangkaan Chip Semikonduktor
Industri otomotif dunia ibarat berada dalam kondisi perang semua melawan semua, pandemi membuat pasokan semikonduktor tersendat