UNTUK INDONESIA
Prajogo Pangestu, Orang Terkaya Nomor 3 di Indonesia
Prajogo Pangestu menempati posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah finansial Forbes edisi Desember 2019.
Prajogo Pangestu, Orang Terkaya Nomor 3 di Indonesia berpose bersama pengacara Hotman Paris Hutapea. (Foto: Instagram/hotmanparisofficial)

Jakarta - Nama Prajogo Pangestu tiba-tiba mencuat dan menjadi pembicaraan publik usai menempati posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah finansial Forbes edisi Desember 2019. Mantan supir angkutan kota (angkot) itu tercatat memiliki kekayaan sekitar US$ 7,6 miliar atau setara Rp 106 triliun.

Jumlah tersebut terbilang meningkat pesat lantaran dalam daftar rilisan tahun lalu, Prajogo tercatat "hanya" memiliki kekayaan senilai US$ 3 miliar, atau setara Rp 42 triliun saja.

Prajogo Pangestu merupakan pemilik sejumlah perusahaan yang berada di bawah naungan grup Barito Pacific. Salah satu perusahaan miliknya, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), merupakan salah satu kilang petrokimia terbesar di Indonesia yang dalam setahun belakangan memiliki kinerja meroket.

Jauh sebelum sukses, Prajogo muda dilaporkan hanya seorang lulusan sekolah menengah pertama (SMP) yang pernah menjalani profesi sebagai supir angkot di Kalimantan. Pengusaha berusia 75 tahun itu juga sempat menjalani hidup yang terbilang sederhana.

Sewaktu menarik angkot, Prajogo kemudian bertemu dengan pengusaha asal Malaysia bernama Burhan Uray dan mengajaknya untuk sama-sama mengelola bisnis milik Burhan di bidang perkayuan, PT Djajanti Group.

Di lain waktu, Prajogo mencoba membangun bisnisnya sendiri dengan membeli CV Pacific Lumber Coy yang kala itu tengah mengalami kesulitan finansial.

Keputusan membeli perusahaan dilakukan Prajogo usai mendapat banyak pengalaman mengelola usaha di bidang perkayuan. Sementara uang untuk membeli perusahaan yang tengah sekarat itu didapat dari pinjaman bank.

Belakangan, nama Pacific Lumber diubah menjadi PT Barito Pacific dan mulai bergerak maju dengan proyek-proyek besar dan menjalin kerjasama dengan sederet pengusaha tajir, termasuk dengan anak-anak Presiden Soeharto sewaktu orde baru masih berkuasa di Indonesia.

Selain Prajogo Pangestu, nama lain dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes adalah dua bersaudara R. Budi dan Michael Hartono, Keluarga Widjaya, Susilo Wonowidjojo, Sri Prakash Lohia, Keluarga Tahir, Chairul Tanjung dan lain-lain. [] 

Berita terkait
Hotman Paris Sambangi PLTU di Jepara, Ada Apa ?
Pengacara beken Hotman Paris Hutapea datangi PLTU Tanjung Jati B di Jepara, Jawa Tengah. Revaluasi aset bersama operator PLTU.
10 Orang Kaya Indonesia versi Forbes, Hartono Bersaudara Juaranya
Posisi pertama masih di pegang Hartono bersaudara, kekuatan Bank Central Asia atau BCA menyumbang hingga 70 persen.
Rezeki di Panggung Hiburan, Ini Deretan Artis Terkaya Versi Forbes
Hasil ini dihitung dari pendapatan terbesar yang diraih dalam kurun beberapa tahun terakhir.
0
Stasiun Purwokerto Cegah Virus Corona Masuk Banyumas
Dinkes dan KAI siaga mencegah virus corona masuk Banyumas. Posko kesehatan didirikan di Stasiun Purwokerto.