UNTUK INDONESIA
Portugal Vs Kroasia, Menang Besar Tanpa Ronaldo
Portugal menunjukkan performa terbaik saat menang besar atas Kroasia di UEFA Nations League. Kemenangan diraih meski tidak diperkuat Ronaldo.
Portugal menang besar 4-1 atas Kroasia di pertandingan Liga A Grup 3 UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Porto, Minggu, 6 September 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Portugal merayakan gol di laga itu. (Foto: Twittter/EURO2020)

Jakarta - Tim nasional Portugal menunjukkan performa terbaik saat meraih kemenangan besar atas Kroasia di pertandingan Liga A Grup 3 UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Porto, Minggu, 6 September 2020 dini hari WIB. Tanpa sang bintang Cristiano Ronaldo, Portugal menang 4-1 sehingga bertengger di puncak klasemen. 

Portugal tanpa Ronaldo tetap membuktikan sebagai tim yang kuat. Meski menghadapi Kroasia yang memiliki deretan pemain berkualitas, Portugal tetap menunjukkan sebagai yang terbaik. 

Ronaldo sendiri terpaksa absen gara-gara kakinya tersengat lebah saat latihan tim. Akibatnya, kaki kanan bintang Juventus itu bengkak dan memerah sehingga butuh perawatan. Dia pun tak bisa lagi mengikuti latihan sampai menjelang pertandingan melawan Kroasia. 

Ke-2 tim sama-sama mengalami kesulitan. Meski demikian, kami mampu tampil maksimal saat menghadapi lawan yang juga tim bagus

Kemenangan atas Kroasia menjadikan A Selecao memuncaki klasemen Grup 3 dengan poin 3. Sama dengan Prancis yang menang tipis 1-0 atas Swedia. Namun Portugal unggul selisih gol. 

Pelatih Fernando Santos menunjukkan kepuasannya dengan kemenangan tersebut meski pemain sempat mengalami kesulitan. Apalagi mereka mampu mengalahkan Kroasia yang merupakan lawan kuat

"Saya memperkirakan pemain memberikan permainan terbaik seperti saat persiapan dalam satu pekan ini. Namun semua memang sulit ditebak," ucap Santos seperti dikutip laman UEFA. 

"Ke-2 tim sama-sama mengalami kesulitan. Meski demikian, kami mampu tampil maksimal saat menghadapi lawan yang juga tim bagus," katanya. 

Pemain depan Joao Felix menuturkan tim memiliki banyak peluang yang bisa membuahkan gol. Namun keberhasilan mencetak 4 gol menunjukkan penampilan juara Nations League 2019 ini tak mengecewakan. 

"Kami menciptakan banyak peluang dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Kami senang dengan hasil ini," ujar Felix. 

Kroasia Tanpa Modric dan Rakitic

Di laga itu, Kroasia di luar perkiraan tidak memainkan 2 pilar utama, Luka Modric dan Ivan Rakitic. Sedangkan Marcelo Brozovic dan Ivan Perisic dibangkucadangkan. 

Dengan tidak menurunkan skuat terbaik, Kroasia pun tak berkutik menghadapi Portugal. Bila kiper Dominik Livakovic tidak tampil gemilang, gawang Kroasia bisa kebobolan lebih dari 4 gol. 

Hanya Portugal sempat kesulitan menghadapi lawannya. Apalagi, Kroasia mengawali laga dengan cukup bagus. Mereka mampu mengimbangi tuan rumah. 

Portugal sendiri akhirnya bisa membobol gawang Kroasia menjelang akhir babak pertama. Gol Joao Cancelo yang diciptakan lewat tendangan keras mengawali pesta kemenangan Portugal. Gol tersebut tercipta di menit 41 dan skor 1-0 bertahan sampai turun minum. 

Di babak ke-2 Portugal bermain lebih agresif. Mereka tak butuh waktu lama saat Diogo Jota mencetak gol di menit 58. Dirinya menyambut umpan dari Raphael Guerreiro untuk menaklukkan kiper Livakovic. 

Portugal kian tak terbendung. Felix memantapkan keunggulan Portugal di menit 70. Pemain depan Atletico Madrid ini melepaskan tendangan yang membobol gawang lawan. 

Kroasia memperkecil ketertinggalan gol saat Bruno membobol gawang Portugal pada injury time. Gol tercipta lewat kerja sama apik dengan Ante Rebic. 

Namun Portugal kembali menambah gol. Striker Andre Silva memantapkan kemenangan Portugal lewat sundulan saat menyambut sepak pojok. Laga berakhir dengan skor 4-1 untuk Portugal. []

Berita terkait
Gara-gara Tersengat Lebah, Portugal Tanpa Ronaldo
Kapten tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo terpaksa absen saat melawan Kroasia, dini hari nanti. Ronaldo absen karena kakinya tersengat lebah.
Ronaldo Cetak Gol ke-99, Portugal ke Putaran Final
Portugal lolos ke EURO 2020 setelah menang 2-0 atas Luksemburg, Minggu 17 November 2019 malam WIB. Cristiano Ronaldo turut mencetak gol laga itu.
Pelatih Portugal Meradang Disinggung Soal Ronaldo
Pelatih Portugal Fernando Santos meradang saat disinggung soal Cristiano Ronaldo menjelang laga kualifikasi EURO 2020 melawan Lithuania.
0
Hindia Sumbang Konsep di Konser Daring Here Comes The Sun
Solois Hindia menjadi salah satu pengonsep acara di festival musik Here Comes The Sun virtual Edition.