Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri memastikan sistem tol satu arah bisa diterapkan saat puncak arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

Sistem satu arah di Tol Trans Jawa akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama Km 29 hingga Gerbang Tol Brebes Barat Km 262.

"Tadi sudah kami lihat, sudah kita pantau dan kita sudah pastikan bisa," ujar Refdi, di Gerbang Tol Brebes Barat Km 262, Jumat, 17 Mei 2019.

Irjen Refdi menyampaikan kesiapan tersebut saat menggelar inspeksi pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran di Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa.

Dia menjelaskan, khusus arus mudik sistem satu arah akan diterapkan pada 30 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019.

Sedangkan, arus balik dari tanggal 7 Juni hingga 9 Juni 2019, menurutnya dia, rekayasa ini adalah salah satu cara mengantisipasi kemacetan.

Irjen Refdi mengatakan uji coba sistem satu arah akan dilakukan pada 30 Mei, dan diharapkan bisa menyediakan gambaran dari dampak sistem tersebut.

"Tanggal 30 Mei 2019 akan diuji coba dan kita ingin sudah dapat gambaran, sehingga bisa ambil keputusan-keputusan lain yang lebih matang," ujarnya lagi.

Pihaknya akan mengerahkan personel sesuai kebutuhan sehingga pergerakan dari Semarang ke Jakarta dan sebaliknya tidak terganggu dengan rekayasa arus tersebut.

Baca juga: