Polisi Masih Evakuasi 13 Kapal Terbakar di Pelabuhan Tegal

Proses evakuasi kapal sempat mengalami kendala, karena di sekitar lokasi terdapat seratusan kapal yang sedang berlabuh dan kobaran api cukup besar.
Belasan kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Tegal. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Kota Tegal bersama Pangkalan TNI Angkatan Laut Tegal, Jawa Tengah, dan Dinas Pemadam Kebakaran masih melakukan proses evakuasi 13 kapal terbakar di Pelabuhan Kota Tegal, hingga hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022.

"Kami bersama Lanal Tegal dan dinas pemadam kebakaran kini masih melakukan proses pemadaman dan menyelamatkan kapal yang berada di lokasi terbakarnya kapal itu," kata Kepala Polres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, dikutip dari Antara.

Rahmad mengakui, proses evakuasi kapal sempat mengalami kendala karena di sekitar lokasi terbakarnya 13 kapal terdapat seratusan kapal yang sedang berlabuh dan kobaran api cukup besar.

"Saat ini, kami terus melakukan lokalisasi agar kapal yang sudah terbakar tidak merambah ke kapal lainnya. Ada seratusan kapal yang bersandar sehingga evakuasi kapal mengalami agak kesulitan," ujarnya.

Rratusan kapal menumpuk karena para nelayan sedang mengajukan perizinan melaut sehingga kapal disandarkan di lokasi pelabuhan setempat dan menyulitkan proses pemadaman kapal.

Karena itulah, Polres Tegal  berkoordinasi dengan pemilik kapal agar secepatnya menyingkirkan kapal-kapal yang masih bersandar di lokasi kejadian.

Rahmad menuturkan, kasus kebakaran yang terjadi sekitar pukul 04.30 WIB itu karena dugaan sementara adanya hubungan pendek listrik pada sebuah kapal dan membakar kapal lainnya yang berada di sekitar lokasi. Proses pemadaman kapal terbakar itu, melibatkan 11 unit mobil pemadam kebakaran gabungan dari Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal, dan Pemalang.

"Petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi sempit serta di setiap kapal masih tersimpan BBM sehingga proses pemadaman terus kami lakukan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, kasus terbakarnya kapal nelayan di Pelabuhan Kota Tegal pernah terjadi pada November 2021. []


Baca Juga

Kebakaran Hanguskan 15 Hektare Hutan di Aceh Tengah

Dandim 0106/Aceh Tengah Ingatkan Risiko Kebakaran Karhutla

Dandim 0106/Aceh Tengah Ingatkan Risiko Kebakaran Karhutla

Delapan Hektare Hutan di Bener Meriah Aceh Hangus Terbakar


Berita terkait
Kebakaran di Jakbar Menewaskan Satu Keluarga, 2 Korban Masih Anak-anak
Satu keluarga itu meninggal karena terjebak di dalam rumah saat peristiwa kebakaran terjadi.
Kebakaran di Kota Lhokseumawe Hanguskan 13 Rumah
13 rumah warga padat penduduk di Gampong Kota, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, terbakar, 27 November 2021
Penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan Pidie di Aceh
Dandim) 0102/Pidie membenarkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Pidie, Aceh
0
Mahfud MD: Terowongan Silaturahmi Simbol Persatuan Bangsa
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta merupakan simbol persatuan bangsa.