PM Australia Bantah Kritik China Terkait AUKUS

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison membantah kritik China terhadap aliansi negara itu di kawasan Asia Pasifik
PM Australia, Scott Morrison, bantah kritik China terhadap aliansi Australia di Asia Pasifik (Foto: voaindonesia.com - Ian Forsyth/Pool Photo via AP).

Jakarta – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, Jumat, 12 November 2021, membantah kritik China terhadap aliansi negara itu di kawasan Asia Pasifik. Presiden China, Xi Jinping, sehari sebelumnya, memperingatkan agar tidak membiarkan ketegangan di kawasan itu membangkitkan kembali mentalitas Perang Dingin.

Pernyataannya, di sela-sela pertemuan puncak tahunan forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), itu muncul beberapa pekan setelah AS, Inggris dan Australia mengumumkan aliansi keamanan baru di kawasan itu. Aliansi yang dinamakan AUKUS itu di antaranya akan memungkinkan Australia memiliki sejumlah kapal selam nuklir.

China mengecam keras kesepakatan itu, sementara Morrison membelanya dengan mengatakan itu untuk kepentingan Australia.

pm australlia umumkan aukusPM Australia, Scott Morrison, saat mengumumkan aliansi AUKUS bersama PM Inggris dan Presiden AS (Foto: dw.com/id)

"Jika keputusan kami untuk mendapatkan kapal selam yang lebih baik menuai kritik dan membuat orang kesal dan mereka ingin menyerang saya, ya, biarlah," kata Morrison kepada wartawan di Melbourne.

"Tapi yang saya tahu adalah, bagian penting dari Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka adalah bekerja sama terutama dengan mitra-mitra kami yang berpandangan sama," tambahnya.

Xi berbicara dalam video yang direkam sebelumnya di Forum CEO KTT APEC, yang diselenggarakan oleh Selandia Baru dalam format virtual.

Pemimpin China itu dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan online dengan para pemimpin Lingkar Pasifik lainnya termasuk Presiden AS Joe Biden, Sabtu, 13 November 2021.

aukus bendera australia amerika inggrisIlustrasi: Huruf AUKUS di atas bendera Australia, Inggris Raya dan AS (kiri ke kanan (Foto: voaindonesia.com/AP)

Dalam pidatonya, Presiden Xi mengatakan upaya untuk menarik batas-batas di kawasan itu sesuai garis ideologis atau geopolitik akan gagal.Referensinya mengenai Perang Dingin menggemakan posisi Beijing yang sering dinyatakan sebelumnya bahwa AS harus meninggalkan cara berpikir itu dalam berurusan dengan China (ab/uh)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Kesepakatan AUKUS Picu Perlombaan Senjata Nuklir

Pandangan Indonesia Terhadap Lahirnya Perjanjian AUKUS

Respons Dunia Terhadap Aliansi Australia, Inggris dan AS Dalam AUKUS

Australia Bela Pakta Keamanan AUKUS Tiga Negara

Berita terkait
Australia Bela Pakta Keamanan AUKUS Tiga Negara
Pakta keamanan Australia, Inggris dan AS atau AUKUS tidak sama dengan upaya perolehan senjata nuklir dan bukan merupakan ancaman keamanan
0
PM Australia Bantah Kritik China Terkait AUKUS
Perdana Menteri Australia, Scott Morrison membantah kritik China terhadap aliansi negara itu di kawasan Asia Pasifik