UNTUK INDONESIA
PlayStation 5 Meluncur November 2020
PS 5 akan tetap diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment (SIE).
PlayStation 5 (PS 5). (Foto: Instagram @chaosxsilencer)

Jakarta - Spekulasi mengenai generasi lanjutan dari konsol game PlayStation 4 semakin jelas setelah Sony memberikan kepastian mengenai device terbaru mereka yaitu PlayStation 5 (PS 5).

Meneruskan tradisi PlayStation dengan akhiran angka, PS 5 digadang-gadang akan menghadirkan beberapa fitur barunya. Rumor mengenai PS 5 ini memang sudah ada sejak lama tapi semakin memuncak ketika memasuki tahun 2019. 

PS 5 akan tetap diproduksi oleh Sony Interactive Entertainment (SIE). Perusahaan elektronik kenamaan asal Jepang ini mengkonfirmasi bahwa Sony memiliki sebuah device yang dirancang oleh Yusuhiro Ootori.

Salah satu Staf Codemasters Sony, Mathew Scott juga membenarkan bahwa perangkat tersebut adalah development kit PS 5. 

Pengumuman tersebut juga dipublikasi oleh Jim Ryan, selaku Presiden dan CEO di SIE melalui PlayStation Blog.

PS 5PlayStation 5 (PS 5). (Foto: Instagram @caffeplay.jr)

Dalam Playstation Blog, Ryan juga mengemukakakn fitur-fitur yang akan hadir pada generasi terbaru PS ini di antaranya haptic technology dan adaptive trigger. 

Jika sesuai rencana, teknologi haptic ini akan menggantikan fitur rumble pada konsol sebelumnya demi merasakan keadaan yang semakin realistis. 

Melalui haptic technology, pengguna akan disajikan perbedaan yang signifikan misalnya ketika karakter berjalan di atas rumput dengan berjalan di atas lumpur. 

Ada pula contoh lain ketika menabrak tembok dalam permainan balap mobil akan terasa semakin realistis.

Sedangkan untuk fitur adaptive trigger akan diletakan pada tombol L2 dan R2 pada controller. Pengguna akan merasakan tingkat ketahanan yang berbeda, misalnya ketika pemain menarik busur di dalam game atau pun menarik gas pada kendaraan. Tentunya fitur terbaru ini belum ada pada generasi konsol game sebelumnya.

PS 5PlayStation 5 (PS 5). (Foto: Instagram @wavefr)

Untuk dapur pacu dari mesin game ini, hardware PS5 akan jauh lebih kuat dari pendahulunya. PS 5 akan dibekali dengan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD dengan media penyimpanan berupa SSD. 

PS 5 juga disinyalir tengah mengembangkan teknik emulasi sehingga penggunanya bisa memainkan sejumlah game lawas dari PS 1 hingga PS 4. 

Konsol ini juga mendukung beberapa macam teknologi mutakhir untuk tampilan visual yang lebih realistis seperti ray tracing dan menyediakan resolusi hingga 8K.

Sony kini juga tengah menyebarkan prototipe untuk konsol ini ke beberapa developer sehingga bisa menciptakan game yang memanfaatkan kemampuan next-gen Sony secara utuh. Codemasters adalah salah satu developer yang telah menerima PS 5 development kit.

Dilansir dari Playstation Blog, PS 5 akan meluncur bertepatan dengan musim liburan 2020. Musim liburan di sini mengacu pada masa menjelang musim Natal

Para pendahulu PS 5 juga dilncurkan pada periode-periode ini dan seperti sudah menjadi tradisi bagi Sony untuk meluncurkan konsolnya pada waktu-waktu tersebut. 

PS 4 misalnya diluncurkan pada 15 November 2013 dan ada PS 4 Pro pada November 2014. Diduga PS 5 pun demikian akan diluncurkan di penghujung tahun 2020 bulan November. []

 (Revy Putra Andaryanto) 

Berita terkait
PlayStation (PS) 5 Siap Rilis Akhir 2020
Peluncuran PlayStation (PS) 5 yang telah lama ditunggu-tunggu muncul ke publik. PS 5 baru akan siap rilis pada akhir tahun 2020.
Rindu Game PlayStation 2, Pria Ini Buat PS2 Portable
PS2 adalah konsol game terlaris sepanjang sejarah dengan total penjualan sebanyak 155 juta unit.
Melawan Hoaks Melalui Situs Hoaxplay.com
Wadah edukatif ini ditujukan kepada anak muda usia 15-22 tahun.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung