UNTUK INDONESIA
PGN Pasok Gas Agar Dapur RS Wisma Atlet Mengepul
PGN) siap memasok gas bumi untuk memenuhi kebutuhan dapur umum Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta yang digunakan sebagai RS darurat virus corona.
Presiden Joko Widodo berada di ruang IGD saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. Presiden Joko Widodo memastikan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) siap memasok gas bumi untuk memenuhi kebutuhan dapur umum Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta yang digunakan sebagai rumah sakit (RS) darurat kasus virus corona atau Covid-19 dalam kurun waktu tiga bulan.

Sekretaris Sekretaris Perusahaan PT PGN Rachmat Hutama mengatakan hal tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami akan melakukan pengaliran kembali gas bumi yang diprioritaskan untuk kebutuhan dapur umum Wisma Atlet Kemayoran, sehingga pada saat efektif penggunaan Wisma Atlet sebagai pusat rehabilitasi Covid-19 tidak ada permasalahan,” ujar Rachmat Hutama di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Penyemprotan Disinfektan Wisma AtletPetugas Palang Merah Indonesia (PMI) berjalan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020. (Foto: Antara/Risyal Hidayat)

Pasokan gas bumi PGN, disalurkan melalui anak usahanya yaitu PT Gagas Energi Indonesia (GAGAS). Dengan produk Gaslink diharapkan dapur umum Wisma Atlet Kemayoran tak kekurangan bahan bakar kompor saat memenuhi kebutuhan makan pasien, dokter, perawat, aparat hingga relawan kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Jangan Cemas, Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Corona

Fasilitas kompor pada dapur umum, membutuhkan pasokan gas berjumlah 17 sampai dengan 20 unit. Untuk mengoperasikan pengaliran gas tersebut, disiapkan operator dan teknisi yg bertugas secara bergantian dengan SOP yang ketat untuk mengurangi dampak dari kemungkinan penyebaran virus.

Gaslink disalurkan dengan menggunakan 1 unit Pressure Regulating Station dengan kapasitas aliran 100 meter kubik per jam, sedangkan untuk pasokan gas didukung oleh 2 unit Gas Transportation Module (GTM) ukuran 5 feet dengan kapasitas masing-masing 300 Meter kubik dan 1 unit GTM 10 feet dengan kapasitas 1.000 Meter kubik per jam.

Komitmen menyediakan pasokan gas untuk dapur umum Atlet Kemayoran, kata dia tak terganggu dengan laba perseroan yang turun sepanjang 2019. Penyalurkan gas bumi ke Wisma Atlet Kemayoran menurutnya bentuk kontribusi PGN kepada negara untuk menangani pandemi Covid-19.

"Semoga energi baik gas bumi ini menambah semangat tenaga medis dan pasien untuk dapat keluar dari kondisi pandemi Covid-19," tuturnya. []

Berita terkait
Ketika Jokowi Menjaga Jarak di Lift Wisma Atlet
Di dalam lift itu ada Jokowi, panglima, menteri, seorang komandan satuan tugas penanganan virus corona. Mereka berdiri dengan posisi menjaga jarak.
RS Wisma Atlet Khusus Covid-19 Dipastikan Paling Baik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan rumah sakit (RS) penanganan darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, dibuat dengan manajemen terbaik.
Jokowi: Wisma Atlet Kemayoran Siap Jadi RS Corona
Presiden Jokowi menyatakan Wisma Atlet Kemayoran siap menjadi lokasi isolasi pasien yang terpapar virus corona.
0
Soal Pemekeran Daerah di Banten, Ini Kata Pengamat Politik
Direktur Eksekutif IPR Ujang Komarudin mendukung langkah Presiden terkait penundaan Daerah Otonomi Baru di Banten.