UNTUK INDONESIA
Pengalihan Arus Lalu Lintas Antisipasi Demo di Istana Negara
Petugas juga menyiapkan pengalihan arus untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat aksi unjuk rasa BEM.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto: Tagar/Humas Mabes Polri)

Jakarta - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya kembali menutup ruas jalan menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat, sejak Kamis malam, 15 Oktober 2020. Penutupan ini dilakukan mengantisipasi aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang rencananya akan berlangsung pada Jumat siang, 16 Oktober 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan penutupan akses jalan menuju ke Istana Merdeka dilakukan pada Kamis malam mulai pukul 23.00 WIB.

Sambodo menyebutkan ruas jalan yang ditutup yaitu, Jalan Medan Medan Barat, Harmoni, Veteran 3, dan belokan Gambir mengarah Istana.

"Penutupan kita lakukan mulai pukul 23.00 WIB," kata Kombes Pol Sambodo, Kamis malam.

Sambodo menyebutkan ruas jalan yang ditutup yaitu, Jalan Medan Medan Barat, Harmoni, Veteran 3, dan belokan Gambir mengarah Istana.

Petugas juga menyiapkan pengalihan arus untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di sekitar Istana Merdeka pada Jumat, 16 Oktober 2020. "Pengalihan arus dilakukan secara situasional tergantung kondisi di lapangan," kata Sambodo.

Baca juga : Polisi Tutup Akses Demonstrasi PA 212 Menuju Istana Merdeka

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya di kawasan sekitar Istana Merdeka dilansir dari laman RRI:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada. []

Berita terkait
Polisi Tutup Akses Demonstrasi PA 212 Menuju Istana Merdeka
Petugas kepolisian menutup akses demonstrasi PA 212, FPI yang menargetkan sampaikan suara di Istana Merdeka terkait UU Cipta Kerja.
Pantau Demonstrasi PA 212 via CCTV di Sekitar Istana Merdeka
Pantau aksi demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja PA 212 melalui link CCTV yang terpasang di sejumlah tempat di sekitar Istana Merdeka, Jakarta.
Efek Unjuk Rasa Patung Kuda, 17 Ton Sampah dan Tanaman Rusak
Pasca ditinggal pendemo yang berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Selasa, 13 Oktober 2020, tanaman rusak, belasan ton sampah dipungut petugas.
0
Nella Kharisma - Dory Harsa Rilis Lagu Duet di HUT MNCTV
Pasangan penyanyi dangdut Nella Kharisma dan Dory Harsa tengah mempersiapkan lagu duet yang akan diluncurkan pertama kali di acara HUT MNCTV.