Jakarta - Aktris legendaris dan aktivis asal Amerika Serikat, Doris Day wafat di usia 97 tahun pada Senin, 13 Mei 2019, akibat mengidap penyakit pneumonia.

Semasa hidupnya, wanita yang lahir pada 3 April 1922 di Cincinnatia, Ohio, ini menorehkan sejumlah karya di dunia hiburan, mulai dari musik hingga akting. Dia memulai  karirnya sebagai penyanyi grup band tahun 40'an, Les brown & His Band of Renown.

Kemudian dia memilih bersolo karier dengan merilis lagu pertama yang berhasil mengangkat namanya "Sentimental Journey" tahun 1945.

Kebetulan dia berkiprah di masa keemasan Hollywood, dimana seorang penyanyi juga harus bisa berakting. Aktris yang telah menikah empat kali ini memulai karir filmnya tahun 1948 dalam film Romance on The High Seas.

Doris Day mendapat nominasi Oscar untuk film Pillow Talk (1959). Namun film paling dikenang adalah The Man Who Knew Too Much (1956), karena di situ dia melantunkan lagunya yang paling terkenal Que Sera Sera.Diluar dunia hiburan, pemilik nama lahir Mary Ann Kappelhoff ini juga seorang aktivis penyayang binatang.

Doris Day mendapat nominasi Oscar untuk film Pillow Talk (1959). Namun film paling dikenang adalah The Man Who Knew Too Much (1956), karena di situ dia melantunkan lagunya yang paling terkenal Que Sera Sera.

Selamat tinggal Doris Day. Karyamu abadi. []