UNTUK INDONESIA

Payudara Wanita Besar Sebelah, Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya

Ukuran payudara sebelah kiri dengan kanan tidak sama. Kondisi payudara wanita besar sebelah dapat dijelaskan secara ilmiah.
Ilustrasi bra. (Foto: Freepik)

Jakarta - Ukuran payudara sebelah kiri dengan kanan tidak sama. Kondisi itu umum dan normal terjadi bagi wanita. Kondisi payudara wanita besar sebelah dapat dijelaskan secara ilmiah.

Ada sejumlah penyebab yang mendasari kenapa payudara wanita besar sebelah. Namun yang paling terpenting, Anda sudah mengecek kondisi itu bukan pertanda dari penyakit tertentu.

Dikutip dari laman Verywell Health, berikut penjelasan kenapa payudara wanita besar sebelah:

1. Anatomi tubuh manusia

Pada dasarnya tubuh manusia memang tidak simetris. Alis dan mata misalnya, sepintas terlihat proporsional tetapi nyatanya ada yang tidak. Anatomi tubuh wanita tidak simetris atau besar sebelah terutama pada payudara sangat umum terjadi.

Ilustrasi braIlustrasi bra. (Foto: Freepik)

2. Genetik

Payudara kiri dengan kanan tidak sama besar kemungkinan karena pertumbuhannya yang bervariasi. Genetik menjadi salah satu faktor pemicunya.

Misalnya ibu atau nenek mengalami kondisi yang sama. Kondisi itu akhirnya menurun ke anggota keluarga sedarah lainnya yang berjenis kelamin wanita.

3. Sel jaringan

Penyebab lain payudara kanan dan kiri besarnya tak sama karena pertumbuhan sel jaringan yang berbeda. Itu bisa terjadi ketika wanita masuk usia pubertas. Momen ketika bentuk, ukuran, dan posisi payudara wanita berkembang. Namun jangan khawatir, kondisi tersebut normal.

Ilustrasi braIlustrasi bra. (Foto: Freepik)

4. Kehamilan

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat membuat salah satu payudara tumbuh jauh lebih besar dari yang lain. Bahkan dalam momen ini payudara bisa tidak sejajar.

5. Menyusui

Payudara kiri baru saja diperah sedangkan kanan masih belum dinikmati bayi Anda. Kondisi ini membuat payudara kanan terlihat lebih penuh atau besar dibandingkan kiri.

Sebab itu, disarankan untuk menyusui bayi menggunakan kedua payudara secara bergantian. Langkah itu untuk mencegah payudara besar sebelah.

Bra - PayudaraIlustrasi bra. (Foto: Pixabay)

Memperhatikan

Dari sekian penyebab ukuran payudara sebelah kiri dengan kanan tidak sama, yang perlu diwaspadai ketika payudara mendadak besar sebelah. Bila kondisi itu tak memiliki penyebab yang jelas atau tidak terkait hormon, maka disarankan agar berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit terdekat.

Dokter akan mengidentifikasi apa yang terjadi terhadap payudara Anda lewat pemeriksaan Magnetic resonance imaging (MRI) atau lewat biopsi, prosedur pengangkatan jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop.

(Peringatan konten dewasa khusus 18+. Materi yang dibaca bermuatan konten dewasa, hanya untuk yang cukup umur)

Berita terkait
Efek Sering Tidak Pakai Celana Dalam saat Olahraga Bikin Ngilu
Sejumlah orang memilih tidak memakai celana dalam saat berolahraga. Alasannya demi kenyamanan, atau bahkan penampilan. Namun ada afeknya lho.
Cara Mendeteksi Kanker Payudara pada Pria, Jangan Terlambat
Semua orang dapat mendeteksi sejak dini kanker payudara pada pria, bagaimana caranya?
Kenali Penyebab dan Pengobatan Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan jenis tumor yang berkembang pada jaringan sel-sel payudara.
0
Denny Siregar: Edhy Prabowo Kere Munggah Bale
Edhy Prabowo ini kayak kere munggah bale. Enggak kuat derajat. Baru pegang uang tiga miliar rupiah, bawaannya pengin belanjaaa saja. Denny Siregar.