Patung Perunggu Elvis Presley di Kota Bad Nauheim Jerman

Kota kecil di Jerman ini punya hubungan khusus dengan Raja Rock n Roll, Elvis Presley, dia pernah tinggal di Bad Neuheim dari 1958 sampai 1960
Patung perunggu Elvis Presley di Kota Bad Nauheim, Jerman (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Kota kecil di Jerman ini punya hubungan khusus dengan Raja Rock 'n' Roll, Elvis Presley, dia pernah tinggal di Bad Neuheim dari 1958 sampai 1960. Tahun ini ada acara khusus, yaitu peresmian patung perunggu Elvis Presley.

Sejak tahun 2002, Kota Bad Nauheim menggelar Festival Elvis Presley, yang tahun ini berlangsung dari Jumat sampai Minggu, 13-15 Agustus. Perayaan itu diselenggarakan sejak 19 tahun untuk memperingati hari kematian Elvis pada 16 Agustus 1977.

Selama festival, kota kecil Bad Nauheim dengan sekitar 30 ribu penduduk ini akan berubah menjadi ajang perayaan besar, dengan pengunjung dari seluruh Eropa. Di jalan-jalan lalu lalang Cadillac panjang, para perempuan bergaya dengan mantel petticoat gaya tahun1960-an, yang pria khusus merias rambutnya dengan gaya rambut Elvis yang sangat ikonik.

Tahun ini ada acara khusus, yaitu peresmian patung perunggu Elvis Presley, yang sebenarnya direncanakan untuk tahun lalu, namun harus ditunda karena pandemi corona. Tentu saja festival juga akan diramaikan dengan berbagai konser musik rock 'n' roll.

Elvis Presley di Jerman dengan seragam militer tahun 1959Elvis Presley di Jerman dengan seragam militer tahun 1959 (Foto: dw.com/id)

1. Ketika Elvis Dinas Militer di Jerman

Elvis Presley tinggal di Bad Nauheim dari Oktober 1958 sampai Maret 1960, ketika dia menjalani dinas militer dan dikirim ke Jerman untuk bertugas di Kota Friedberg, tidak jauh dari Bad Nauheim.

Sampai hari ini, masih banyak penggemar Elvis yang secara teratur melakukan ziarah ke bekas tempat tinggalnya di Bad Nauheim dan ke tempat-tempat yang pernah dia kunjungi. Beberapa lokasi telah dilestarikan oleh pemerintah kota untuk menjadi lokasi wisata ziarah.

Para fan Elvis jugalah yang tahun 2018 punya gagasan untuk membuat patung perunggu pujaannya. Mereka lalu bergerak untuk mengumpulkan dana, dibantu oleh kota Bad Nauheim. Sekitar 40.000 euro terkumpul. Hari Jumat, 13 Agustus 2021, patung itu akhirnya diresmikan.

Imitator Elvis di Festival Elvis Presley di Bad NauheimImitator Elvis di Festival Elvis Presley di Bad Nauheim, Jerman (Foto: dw.com/id)

2. Patung Perunggu Jadi Atraksi Terbaru

Model untuk patung perunggu itu berasal dari sebuah foto Elvis setengah bersandar di pagar jembatan penyeberangan di Bad Nauheim. Patung itu sudah selesai sejak Oktober lalu, dan sekarang sengaja ditempatkan tepat di lokasi foto itu dibuat.

Foto itu dibuat pada tahun 1959. Pagar jembatannya memang sudah tidak ada lagi setelah jembatan direnovasi, tapi otoritas kota memastikan bahwa patung itu berada tepat di lokasi Elvis berfoto, dan dibuat sedetail mungkin dengan foto aslinya.

Bertambah lagi satu lokasi layak foto untuk para pengunjung kota kecil ini, dan tentu saja bagi para pengagum Elvis Presley, yang di kota Bad Nauheim memang tidak pernah mati. Tapi bukan hanya Elvis yang pernah tinggal di kota kecil ini.

Presiden AS ke-32, Franklin D. Roosevelt, juga pernah dibawa orang tuanya ke sini antara 1891 sampai 1896 dan sempat duduk di bangku sekolah di kota ini [hp/ts (dpa)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Tom Hanks Sembuh Covid-19, Film Elvis Presley Lanjut
Film biografi Elvis Presley akan melanjutkan proses syutingnya lantaran Tom Hanks telah sembuh virus corona alias Covid-19.
20 Misteri Elvis Presley, Biseksual Hingga Kematian
Raja Rock n Roll, Elvis Presley meninggalkan 20 misteri mulai dari anggapan biseksual hingga kematiannya.
Harley-Davidson di Garuda Setipe Milik Elvis Presley
Harley-Davidson yang diseludupkan di dalam pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 diduga seri Electra Glide Shovelhead.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.