Bulukumba, (Tagar 17/6/2018) - Objek wisata pantai di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan sesak dipadati pengunjung di hari ketiga Lebaran, Minggu (17/6). Salah satunya kawasan wisata Pantai Tanjung Bira yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Sulawesi Selatan.

Pantai yang terkenal dengan pasir putih ini memang kerap dipadati pengujung setiap hari libur tiba. Pengunjung bukan hanya warga Kabupaten Bulukumba, melainkan wisatawan dari luar daerah hingga mancanegara.

Obyek wisata ini masih saja menjadi primadona meski obyek wisata pantai baru bermunculan di Bulukumba. Sebut saja seperti Pantai Marumasa, Pantai Lemo-Lemo dan Pantai Kasuso.

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira ini berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar. Selain memiliki kemilau pasir putih, pengunjung bisa menikmati fasilitas banana boat dan indahnya matahari terbenam.

"Pantai Bira cukup bagus untuk dijadikan destinasi wisata karena pasir putihnya. Kita juga dapat menikmati sunrise di sini," ujar Lias, seorang pengunjung saat ditemui Tagar News di lokasi, Minggu (17/6).

Lias mengaku, dia sengaja datang bersama keluarga dari Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan untuk menikmati indahnya pasir putih Pantai Bira.

“Ini bukan pertama kali saya datang ke tempat ini. Kalau ke sini sudah sering dengan teman-teman tapi kalau bersama keluarga baru kali ini," ungkap Lias.

Masih Favorit

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh Ali Saleng saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan, Pantai Tanjung Bira masih menjadi objek wisata favorit bagi para wistawan.

"Objek wisata ini paling banyak dikunjungi, apalagi libur Lebaran seperti saat ini, yah pilihannya Pantai Bira," kata dia.

Kendati demikian, Ali Saleng belum dapat membeberkan secara pasti jumlah pengujung yang memadati Pantai Bira selama libur Lebaran. Pihaknya masih melakukan pendataan hingga libur Lebaran berakhir.

"Kalau secara pasti kita belum tahu, karena masih terus mendata. Tapi hari ini sekitar ribuan orang yang datang, karena terjadi kemacetan di pintu masuk hingga dua kilometer," pungkas dia. (rio)