Makassar, (Tagar 14/10/2018) - Mau cari apa saja, semua ada di Makassar International Eight Festival (F8).

Pernyataan tersebut tidaklah berlebihan. Sebab di event international tahunan Makassar ini begitu lengkap, baik dari segi hiburan, budaya, musik, folora dan fauna, kuliner, kesenian, dan juga olahraga.

Festival F8 terdiri atas delapan ragam kegiatan, yaitu Fashion, Food & Fruit, Fusion Music, Fiction Writer, Folk, Flora & Fauna, Fine Art dan Film. Akan tetapi di luar itu, juga terdapat berbagai atraksi spektakuler, seperti pertunjukan aerobatik pesawat sukhoi, pelontaran pana api, atraksi paramotor, dan flyboard.

Salah satu yang tak kalah memukau pengunjung adalah di saat bersamaan juga diadakan Tournament International Jetski Wali Kota Cup 2018 di Anjungan Pantai Losari, Sabtu, (13/10).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto membuka langsung kejuaraan ini.

"Ini merupakan event tahunan kita dan diselenggarakan tepat pada pelaksanaan F8. Selain sebagai pengembangan olahraga jetski di Indonesia, terkhusus di Makassar, harapannya kejuaraan ini juga menjadi daya pikat dan menjadi tontonan menarik bagi pengunjung F8," ucap Danny Pomanto sapaan akrabnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin. Ia menyampaikan kejuaraan internasional tahunan ini akan menjadi pemicu terus berkembangnya olahraga aquatic di Makassar.

Menurutnya, Pemerintah Kota Makassar terus berkomitmen untuk menghidupkan olahraga tersebut dan akan terus berlanjut tahun depan.

Turnamen ini diikuti 40 jetski rider dari Indonesia dan negara tetangga seperti Thailand, Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam.

"Memang dari segi kuantitas peserta menurun dibanding. Tapi kalau jumlah negara yang berpartisipasi tahun ini bertambah," pungkas Hendra. []