UNTUK INDONESIA

Panglima Santri Jabar Kehilangan Sosok Syekh Ali Jaber

pendakwah Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis pagi, 14 Januari 2021 sekitar pukul 08.30 WIB.
Syekh Ali Jaber. (Foto: Tagar/ Facebook/Syekh Ali Jaber)

Bandung - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum turut berduka atas kepergian Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang dikenal dengan Syekh Ali Jaber.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar pondok pesantren, saya mengucapkan ikut belasungkawa atas wafatnya Syekh Ali Jaber, yang memberikan inspirasi masyarakat, termasuk ada beberapa visi misi keagamaan yang ada di wilayah Jawa Barat, antara lain ada masukan dari beliau,” ucap Kang Uu di Kota Bandung, Kamis, 14 Januari 2021.

Oleh karena itu saya merasa kehilangan dan saya berdoa mudah-mudahan beliau husnul khatimah, imbuhnya.

Panglima Santri Jabar mengatakan, Syekh Ali Jaber merupakan sosok penegak akidah. Ceramah Syekh Ali Jaber, kata ia, selalu menenangkan dan disampaikan dengan lembut.

Selain itu, menurut Kang Uu, Syekh Ali Jaber merupakan ulama yang mendapat hati di semua kalangan masyarakat. Ia pun merasa sangat kehilangan.

“Bukan hanya di kalangan habib, tapi juga di kalangan pemerintah masuk, dan di kalangan pondok pesantren tradisional pun bisa masuk, seperti halnya kelompok kami, komunitas pesantren tradisional, tapi nama beliau itu masuk kepada kelompok kami,” ucapnya.

“Oleh karena itu saya merasa kehilangan dan saya berdoa mudah-mudahan beliau husnul khatimah,” imbuhnya.

Diketahui, pendakwah Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis pagi, 14 Januari 2021 sekitar pukul 08.30 WIB. Pemuka agama kelahiran Madinah, 3 Februari 1976 ini, mengembuskan napas terakhirnya dalam usia 44 tahun setelah dirawat di rumah sakit akibat terinfeksi virus corona (Covid-19).

Berita duka ini pertama kali tersebar melalui pesan berantai di grup WhatsApp kalangan jurnalis. Belakangan, kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber, Habib Abdurrahman, saat dihubungi awak media.

Baca juga: Ridwan Kamil: Syekh Ali Jaber, Guru Kita Semua
Baca juga: Tiket Pesawat, Kenangan Ganjar saat Ketemu Syekh Ali Jaber

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada Selasa 29 Desember 2020. Lalu, pada 31 Desember 2020 pihak yayasan mengabarkan Ali Jaber diistirahatkan total di ruang ICU dengan harapan kondisi kesehatannya segera stabil.

Pada Senin, 4 Januari 2021 lalu, pihak Yayasan Syekh Ali Jaber melalui postingan di Instagram resmi mereka mengabarkan bahwa kondisi sang pendakwah telah berangsur membaik dan masih dalam perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Namun, kondisi kesehatan Ali Jaber kembali memburuk beberapa waktu sebelum menutup usia. []

Berita terkait
Teuku Wisnu Unggah Kenangan Bersama Syekh Ali Jaber
pendakwah Syekh Ali Jaber, meninggal dunia pagi ini, Kamis, 14 Januari 2021. Berikut unggahan pesinetron Teuku Wisnu untuk mengenangnya.
Syekh Ali Jaber di Mata Presiden ke-6 Indonesia
Ucapan duka dan turut kehilangan disampaikan sejumlah tokoh, termasuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Profil Syekh Ali Jaber, Ulama Alquran Telah Tutup Usia
Syekh Ali Jaber dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 14 Januari 2021.
0
Panglima Santri Jabar Kehilangan Sosok Syekh Ali Jaber
pendakwah Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Kamis pagi, 14 Januari 2021 sekitar pukul 08.30 WIB.