Paket Bantuan Virus Corona Biden Disahkan Senat Amerika

Senat AS sahkan rencana anggaran paket bantuan virus corona (Covid-19) yang diusulkan Presiden Biden dengan selisih satu suara
Wakil Presiden AS, Kamala Harris, memimpin sidang Senat AS, di Gedung Capitol, Washington, DC, 5 Februari 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Tekad Presiden AS, Joe Biden, untuk memberlakukan RUU paket bantuan virus corona (Covid-19) bernilai 1,9 triliun dolar AS meraih momentum pada hari Jumat, 5 Februari 2021, pagi waktu setempat ketika Senat Amerika Serikat (AS) dengan selisih tipis menyetujui rancangan anggaran yang diajukan Biden. Hal ini memungkinkan partai Demokrat meloloskan legislasi itu melalui Kongres dalam beberapa minggu mendatang, dengan atau tanpa dukungan dari fraksi Republik.

Pada akhir debat yang berlangsung sekitar 15 jam dan pemungutan suara yang berturut-turut untuk puluhan amendemen, Senat menghadapi kebuntuan dengan suara partisan berimbang 50-50 atas rencana anggaran itu. Kebuntuan tersebut diatasi oleh Wakil Presiden Kamala Harris, yang dukungannya memberikan kemenangan bagi fraksi Demokrat.

biden gedung putihPresiden AS, Joe Biden, di Gedung Putih, Washington, DC, 28 Januari 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters).

Sesaat sebelum pemungutan suara akhir, partai Demokrat memperlihatkan kekuasaan mereka dengan mengajukan amendemen yang membatalkan beberapa keputusan terdahulu mengenai nasib jaringan pipa minyak Keystone XL dan bantuan virus corona kepada para imigran yang tinggal di Amerika secara ilegal.

Dengan Harris sebagai Ketua Senat, ia memecahkan kebuntuan dan memberi kemenangan atas amendemen ini untuk rekan-rekannya dari partai Demokrat.

Ini menandai pertama kali Harris, dalam perannya sebagai Ketua Senat, memberikan suara untuk memecah kebuntuan, setelah ia dilantik sebagai wakil presiden Joe Biden pada tanggal 20 Januari 2021 (lj/uh)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Biden Desak Kongres AS Agar Segera Setujui Stimulus Corona
Presiden Joe Biden mengatakan sedang mengambil langkah-langkah kreatif untuk mendapatkan dukungan publik yang lebih luas dukung stimulus corona
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.