UNTUK INDONESIA
Nokia Kembangkan Teknologi 5G di China
Nokia telah menyiapkan investasi senilai 2,24 miliar dolar AS ntuk memproduki smartphone berteknolgi 5G di China
Pabrik Nokia. (Foto: Youtube)

Jakarta -Produsen peralatan komunikasi asal Finlandia Nokia Corporatoin telah menandatangai kepakatan kerja sama dengan tiga perusahaan China untuk memproduksi ponsel pintar (smartphone) berteknologi 5G. Nokia telah menyiapkan investasi senilai 15,7 miliar yuan atau 2,24 miliar dolar AS dalam kerja sama dengan China Mobile, China Unicom, dan China Telecom pada tahun depan.

Kalangan analis menilai, kerja sama ini menunjukkan bahwa China sudah mulai terbuka dengan pemain internasional dalam peluncuran teknologi super cepat di negara. Minggu lalu, China secara resmi mengumumkan untuk segera menerapkan teknologi telekomunikasi 5G. Saat ini sudah ada 86.000 menara BTS (Base Transceiver Statiun) untuk mendukung teknologi 5G.

Chen Zhaoxiong, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi mengatakan pemerintah bekerja keras untuk memperluas jaringan 5G. Hingga akhir tahun ini, lebih dari 130.000 menara BTS yang telah disiapkan untuk mendukung jaringan teknologi 5G. "Ini menjadi China sebagai negara terbesar dalam penerapan teknologi 5G," katanya seperti diberitakan dari chinadaily.com.cn, Sabtu, 9 November 2019.

Asosiasi Telekomunikasi Global (Global System for Mobile Communication Association) menyebutkan, China akan menjadi pasar 5G terbesar di dunia pada 2025. Diperkirakan jumlah pengguna teknologi 5G di China akan mencapai 460 juta orang.

Lyu Tingjie, profesor di bidang telekomunikasi Beijing University of Post and Telecomunications mengatakan langkah ini menunjukkan pasar 5G China masih terbuka lebar untuk semua pemain. "China menawarkan banyak peluang investasi kepada perusahaan telekomunikasi asing," katanya. []

Berita terkait
Fredrik Idestam, Pendiri Nokia Lulusan Pertambangan
Fredrik Knut Idestam lahir di Tyrvanto, Finlandia. Ia merupakan seorang Insinyur pertambangan. Awalnya ia ingin menjadi pegawai negeri.
Unggulkan Fitur Fotografi Low Light di Nokia 2.2
HMD Global meluncurkan seri ponsel pintar Nokia 2.2 yang menonjolkan fitur fotografi cahaya minim atau low light.
Ponsel Pintar Nokia Masih Pakai Interface Google
Alasan mereka belum menciptakan desain pengguna antarmuka sendiri karena masih percaya desain asli sistem Android milik Google.
0
@digeeembok Ada Karena Respons Polisi Lambat
Stanislaus Riyanta menilai akun Twitter @digeeembok ada, karena lambatnya penegakan hukum di Indonesia.