UNTUK INDONESIA
Mobil Menteri Toyota Crown 2.5 HV G-E, Ini Speknya
Toyota Crown 2.5 HV G-Executive resmi menjadi kendaraan dinas menteri jilid dua pemerintahan Presiden Jokowi.
Toyota Crown (Foto: Toyota)

Jakarta - Toyota Crown 2.5 HV G-Executive resmi menjadi kendaraan dinas menteri jilid dua pemerintahan Presiden Jokowi. Sebanyak 101 unit mobil ini akan digunakan oleh menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, serta mantan wakil presiden.

Penyematan nama HV pada Toyota Crown 2.5 HV G-Executive merupakan kependekan dari Hybrid Vehicle. Artinya, mobil ini merupakan kendaraan yang memadukan tenaga dari mesin bakar dan motor listrik.

Sedan mewah ini dibekali mesin berkapasitas 2.500cc dengan Dynamic Force Engine Hybrid System. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mampu mencapai 19,4 km/liter.

Tenaga maksimal yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 223 hp dan torsi maksimum 221 Nm. Keseluruhan tenaga ini disalurkan melalui transmisi CVT dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Secara ukuran, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm, serta jarak sumbu roda 2.920 mm.

Fitur Keselamatan

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dilengkapi Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, dan Adaptive High Beam System.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi fitur Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake, serta Rear Pedestrian Support Brake yang pertama kali diadopsi Toyota.

Desain Interior

Di dalam kabin mobil seharga 5.837.400 Yen atau sekitar Rp 778 jutaan ini dilengkapi dua buah layar berukuran 8 inci dan 7 inci di dashboard-nya. Layar ini berfungsi sebagai Data Communication Module yang menjadi pusat pengaturan berbagai fitur mobil.

Selain itu, aksen kayu dan penggunaan jok berbahan kulit semakin menambah kesan elegan pada mobil asal Jepang yang tidak dijual bebas ini. []

Berita terkait
Sering Mogok, Mendagri Minta Ganti Mobil Dinas
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku mobil dinasnya sering mogok.
Mobil Kepresidenan Baru Jokowi Mercy Maybach S600 Guard
Model ini merupakan versi khusus sedan paling mewah Mercedes-Benz yang sudah dilengkapi serangkai fitur keamanan.
Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Baru Jokowi Antipeluru
Mercedes-Benz S600 Guard ini menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.
0
Pesan Jokowi untuk Menteri Kabinet Kerja Jilid II
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin mengenalkan menteri yang bertugas di Kabinet Kerja jilid II dan memberikan enam pesan penting.