UNTUK INDONESIA
Minta Maaf, Awkarin Jelaskan Kronologi Ancam Ilustrator
Meski Awkarin telah mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang telah ia buat, warganet masih bertanya-tanya ihwal pengancaman ilustrator.
Selebgram Awkarin turut serta dalam demo penolakan RUU KUHP. (Foto: Instagram/awkarin)

Jakarta - Selebgram Awkarin kembali menjadi sorotan usai berseteru dengan seorang ilustrator di media sosial Twitter. Ia dituding menggunakan sebuah karya ilustrasi tanpa izin dan terlibat adu argumen hingga berencana membawa persoalan ke jalur hukum.

Meski pada akhirnya Karin mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang telah ia buat beberapa tahun lalu, sejumlah warganet masih bertanya-tanya mengenai duduk perkara permasalahan yang sebenarnya.

Permasalahan bermula dari niat perempuan bernama lengkap Karin Novilda itu untuk mendirikan sebuah komunitas berisi para aktivis di Jakarta.

Cuitan Karin melalui akun @awkarin kemudian mendapat respon dari seorang ilustrator asal Kota Bandung bernama Nadiyah Rizki S.

Melalui akun @nadiyahrs, ia menyebut Karin pernah memakai sebuah karya ilustrasi tanpa izin dari pemilik karyanya.

Cuitan Nadiyah Vs AwkarinCuitan Nadiyah Vs Awkarin. (Foto: Screencap Twitter)

Tidak terima dengan tudingan tersebut, Awkarin meminta Nadiyah untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan tuduhan tersebut dalam waktu 1x24 jam.

Ia bahkan menyebut bakal membawa pengacara untuk menemui sang ilustrator di Bandung dan membicarakan duduk persoalan tersebut.

Cuitan Nadiyah Vs AwkarinCuitan Awkarin Vs Nadiyah. (Foto: Screencap Twitter)

Sikap Awkarin tersebut kemudian memantik reaksi sebagian warganet yang menyebut Karin terlalu berlebihan. Mereka menyayangkan respon perempuan 21 tahun itu yang berniat membawa pengacara dalam persoalan itu.

Di lain pihak, Nadiyah ternyata mampu membuktikan tuduhan yang ia lontarkan. Kendati begitu, Awkarin berdalih kejadian tersebut merupakan peristiwa lama yang terjadi sekitar 2015-2016 dan sudah diselesaikan serta dipertanggungjawabkan melalui permintaan maaf kepada publik.

Baca juga: Young Lex dan Eriska Nakesya Respon Hinaan Netizen

Awkarin kemudian memblokir akun miik Nadiyah dan balik menuding sang ilustrator tengah melakukan penggiringan opini.

"Cuma heran aja sih, kesalahan masa lampau yang emang sudah bertahun-tahun lalu ku akui dan sudah ke pertanggungjawabkan, eh dibawa-bawa ke masa sekarang, sedangkan sekarang diriku tidak pernah melakukan hal seperti itu lagi," kata Karin.

"- dan Mbak Nadiya ini mengucapkannya seakan2 baru terjadi kemarin, menggiring opini publik. Padahal terjadinya 2015-2016 dan sudah saya pertanggungjawabkan. Tenang, saya sekarang memperjuangkan hak artist kok atas kesalahan yg dulu pernah saya lakukan. No need to worry," kata dia.

Belakangan, Awkarin membuat serangkaian cuitan Twitter dan menjelaskan duduk perkara permasalahan menurut versinya.


Ia juga kembali meminta maaf di muka publik atas insiden penggunaan karya ilustrasi tanpa izin beberapa waktu lalu.

Sementara Nadiyah, ia sebut memutuskan untuk menonkatifkan akun Twitter miliknya tanpa paksaan dari pihak manapun. []


Berita terkait
Awkarin dan Budiman Sudjatmiko Siap Kolaborasi Kebaikan
Politikus Budiman Sujatmiko dan Selebgram Awkarin terlibat pembahasan seru mengenai aksi kebaikan. Belakangan keduanya sepakat akan berkolaborasi.
Awkarin Ikut Tolak Pasal Kontrovesial RUU KUHP di DPR
Selebgram Awkarin terlibat dalam aksi demonstrasi penolakan terhadap sejumlah RUU kontroversial seperti RUU KUHP dan RUU KPK.
Febbi Lubis, Perempuan Teman Ariel Noah Nonton Konser
Ariel NOAH akhirnya membeberkan identitas perempuan yang menemaninya sewaktu datang ke konser musik penyanyi Marcell beberapa waktu lalu.
0
Anak Medan Bakar Pacar, Dituntut 15 Tahun Penjara
Pria warga Medan, Sumatera Utara dituntut 15 tahun penjara karena membakar kekasihnya.