UNTUK INDONESIA
Menyingkirkan Bau Rokok Dalam Rumah
Menyingkirkan bau rokok dalam rumah. Tips untuk yang membeli rumah seorang perokok.
Menyingkirkan Bau Rokok Dalam Rumah | Ilustrasi. (Foto: Kerala House Planner)

Jakarta, (Tagar 4/8/2018) - Haruskah Anda membeli rumah seorang perokok? Pertanyaan ini mungkin menghadapkan Anda begitu Anda merasa telah menemukan tempat yang sempurna, kecuali bau asbak yang merembes ke setiap kamar.

Jika bau asap rokok membuat Anda mundur, Anda tidak sendirian. Satu studi menemukan bahwa merokok di rumah dapat mengurangi nilai jual kembali hingga 29 persen. Karena begitu seorang perokok bergerak keluar, tumpukan bau rokok tidak ikut keluar, tapi menetap.

Apakah ada cara untuk menyingkirkan bau busuk itu untuk selamanya? 

Nitrosamin dan asam nitrat spesifik tembakau mengutip Fox News adalah dua ancaman terbesar yang menempel pada dinding, debu, dan permukaan lain dalam rumah. Paparan residu THS bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan dan anak kecil, yang sering mengambil debu dan partikel di tangan atau cakar mereka, dan kemudian memasukkannya ke mulut mereka.

Yang terburuk dari semuanya, efeknya tidak akan berlalu.

Anda bisa bernapas dalam beberapa ratus nanogram dari karsinogen ini lama setelah rokok terakhir terbakar habis.

Berapa lama sesudahnya? Dalam sebuah penelitian, para peneliti di San Diego State University mengukur tingkat pencemar asap ketiga di rumah perokok setelah mereka pindah. Polutan-polutan ini tetap bahkan setelah rumah-rumah dibersihkan dan kosong selama dua bulan. Benar, tingkat THC telah berkurang pada saat itu, tetapi mereka masih hadir pada tingkat yang lebih tinggi daripada di rumah-rumah yang bukan perokok.

Tanda rumah seorang perokok

Penjual tidak diwajibkan untuk mengungkapkan bahwa rumah telah menampung perokok, jadi jika Anda khawatir tentang itu, pastikan untuk mengawasi - dengan hidung - untuk itu. Bau berasap adalah tanda yang jelas, tentu saja, tetapi aroma yang kuat dari Febreze, penyegar udara, atau wewangian lainnya bisa berarti bahwa penjual sedang mencoba untuk menutupi bau. Lapisan cat baru juga bisa menutupi bau rokok, tetapi akhirnya akan kembali.

Mintalah kepada inspektur rumah Anda untuk memberi Anda pendapatnya tentang apakah seseorang merokok di rumah yang Anda minati. Anda benar-benar punya hak untuk meminta agen pencatatan penjual secara langsung; seorang profesional terkemuka seharusnya tidak berbohong tentang kondisi rumah.

Haruskah Anda membeli rumah seorang perokok?

Ketika Anda memutuskan apakah akan membeli rumah perokok, Anda harus mempertimbangkan tidak hanya risiko kesehatan, tetapi apa yang terlibat dalam menyingkirkan bau rokok. Bahkan jika Anda mendapatkan harga yang bagus untuk harga rumah, perlu kerja keras untuk menghilangkan baunya.

Bagaimana menyingkirkan bau rokok di rumah

Menyingkirkan bau rokok tidak mudah, karena itu meresap ke dalam segalanya. Pembersihan dapat membantu, tetapi mengganti seluruh sistem mungkin berurutan. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan asap rokok.

Sistem HVAC

Di rumah seorang perokok, setiap bagian dari sistem udara sentral telah bersentuhan dengan asap selama bertahun-tahun. 

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki ini.

Bersihkan saluran udarai. Pembersihan saluran udara profesional adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bau yang menampakkan saat Anda menghidupkan tungku atau AC.

Ubah filter pada unit HVAC Anda. Biasanya, Anda akan melakukan ini setiap beberapa bulan. Jika Anda mencoba melawan bau asap rokok orang ketiga, lakukan langkah itu hingga setiap 30 hingga 45 hari.

Bersihkan kumparan evaporator. "Asap dapat ditarik ke dalam kumparan evaporator dari unit HVAC. Bau menembus kumparan, dan ledakan bau rokok setiap kali Anda menjalankan AC.

Jika tidak ada yang memperbaiki masalah, Anda mungkin perlu mengganti sistem sepenuhnya. Tentu saja, mengganti HVAC Anda tidak murah.

Cuci dinding dan langit-langit

Bersihkan dinding dan langit-langit dengan campuran cuka air 3: 1.

Langit-langit bisa menjadi penyebab terbesar dalam bau asap yang menetap di rumah, karena asap rokok cenderung bergerak ke atas dan menempel ke permukaan pertama yang bersentuhan dengannya.

Trisodium fosfat (TSP), produk pembersih yang kuat, juga bagus untuk menghilangkan bau asap dan noda.

Ubah bohlam lampu

Bau debu dapat menyatu ke bohlam saat panas, jadi ubahlah. Windows juga dapat menyimpan film berasap yang memancarkan bau ketika dihangatkan oleh matahari, jadi pastikan untuk memberi mereka pencucian menyeluruh. Tirai juga bisa dicuci dengan cuka atau TSP — atau, lebih baik lagi, membuangnya.

Cat

Jika mencuci tidak menghilangkan bau dari dinding dan langit-langit, maka taruhan terbaik Anda berikutnya adalah mengecat ulang semuanya, pertama-tama menyegel bau dengan primer penangkal bau seperti Kilz. Tanpa lapisan primer, bau akhirnya akan merembes kembali melalui cat.

Lantai bersih dan karpet

Anda bisa menaburkan bubuk penghilang bau seperti baking soda di karpet. Jika itu tidak berhasil, cobalah uap profesional bersih. Dalam skenario terburuk, karpet harus diganti.

Untuk kayu atau ubin, pembersihan normal dengan pembersih yang disarankan harus dilakukan. Pastikan untuk menyedot debu dari setiap sudut dan celah, karena debu mengandung bahan kimia berbahaya (dan bau).

Cuci gorden dan tirai

Kain cenderung menahan bau asap, jadi Anda mungkin harus membersihkan semua perawatan jendela. Tergantung pada kain, beberapa dapat dicuci di mesin cuci, sementara yang lain harus dibersihkan dengan uap. Anda dapat menyewa kapal uap, atau menyewa seorang profesional untuk mengurus ini untuk Anda. Jika pembersihan tidak sepenuhnya mengeluarkan bau, harus diganti.

Dapatkan filter udara

Dapatkan filter udara dalam ruangan, sebaiknya dengan filter HEPA dan prefilter arang bau. Dehumidifier dapat mengurangi bau asap dalam cuaca lembap. []

Berita terkait
0
Ihsanudin Imbau Masyarakat Beralih ke Pinjam Kredit Mesra
Anggota DPRD Jawa Barat dari Partai Gerindra Ihsanudin mengimbau masyarakat beralih dari Bank Emok ke Pinjam Kredit Mesra.