UNTUK INDONESIA
Menteri LHK Bandingkan Jokowi, Gus Dur, dan Megawati
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membandingkan Jokowi, Gusdur, dan Megawati ketika memimpin.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto).

Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membandingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ketika memimpin rapat kabinet.

"Saya di periode lalu zaman Presiden Gusdur (sudah ikut sidang kabinet). Zaman Pak Harto belum pernah. Namun zaman Bu Mega dan Gusdur saya sudah ikut sidang kabinet, itu polanya juga sangat berbeda," kata Siti di Istana Negara Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Rapatnya singkat tapi cukup decisive dan fokus. Makanya polanya ratas, dengan subjek tertentu, dibahas dan langsung diputuskan.

Ketika di bawah kepemimpinan Jokowi rapat kabinet berlangsung singkat dan fokus. Maka pola yang digelar rapat terbatas (ratas) dengan subjek yang akan langsung melahirkan solusi.

"Rapatnya singkat tapi cukup decisive dan fokus. Makanya polanya ratas, dengan subjek tertentu, dibahas dan langsung diputuskan," ucap dia.

Baginya menjadi menteri di Kabinet Kerja Jokowi tidak sulit. Pasalnya kepala negara kerap memberikan arahan jelas.

"Jadi dalam hal ini yang dimiliki kepemimpinan Pak Jokowi adalah skenario besarnya dijelaskan, kemudian uraian secara detailnya di setiap topik. Bahkan kadang satu topik kecil yang fokus bisa beberapa kali rapat, itu juga diselesaikan dengan baik," tutur dia.

Menteri Kabinet Kerja Jokowi jilid I berakhir hari ini Jumat 18 Oktober 2019. Bersamaan dengan itu Jokowi menggelar perpisahan dengan Wapres Jusuf Kalla dan para menterinya di Istana Merdeka Jakarta.  

Kebersamaan antara kepala negara dengan menterinya itu tak seperti biasa. Jokowi mengaku bila biasanya pertemuan membahas persoalan negara dengan serius kini diselingi acara hiburan.

"Mohon maaf mungkin dalam lima tahun ini kita baru bertemu agak santai mungkin hanya hari ini. Pas akhir-akhir ini kita baru bertemu dan ada yang nyanyi, biasanya kalau ketemu isinya kalau nggak rapat terbatas (ratas) atau paripurna," kata Jokowi.

Berita terkait
Jusuf Kalla ke Jokowi: Siapa Bilang Pisah, Enggak Lah
Wapres Jusuf Kalla menolak mengucapkan berpisah kepada Presiden Jokowi saat acara silaturahmi dengan para menteri.
Jokowi Minta Maaf Kepada Tiga Menteri
Presiden Jokowi meminta maaf kepada tiga menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 di Istana Negara Jakarta.
PKB Persilakan AHY Duduk Jadi Menpora Jokowi Jilid II
PKB membuka diri terhadap sosok menteri di luar partai koalisi yang mendukung Jokowi-Maruf. Termasuk politikus Demokrat AHY menjadi menpora.
0
Transmigrasi Sejak dari Kolonisasi Kolonial Belanda
Transmigrasi dikenal sejak zaman Belanda, di masa pemerintahan RI program ini untuk berbagai kepentingan, 12 Desember adalah Hari Transmigrasi