Menteri BUMN: Negara Hadir untuk Rakyat di Tengah Pandemi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa negara hadir untuk rakyat sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo. (Foto: Tagar/Instagram/erickthohir)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa negara hadir untuk rakyat di tengah pandemi Covid-19 sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Saya ingin pastikan negara hadir untuk rakyat sesuai arahan Bapak Presiden. Saya ikhtiarkan sepenuh hati, tenaga, dan pikiran agar rakyat segera sembuh dari Covid-19. Kita tidak mau rakyat bingung kekurangan obat. Kita berikan obat gratis dengan manajemen distribusi yang baik," ujar Erick dalam unggahanya, yang dilihat Jumat, 16 Juli 2021. 

Di tahap awal, kata Erick, akan dibagikan 300 ribu paket untuk wilayah Jawa dan Bali, dan tahap selanjutnya, 300 ribu paket untuk luar Jawa-Bali. Paket-paket ini gratis dan tidak diperjualbelikan, serta diprioritaskan untuk kalangan tidak mampu.


Kita tidak mau rakyat bingung kekurangan obat kita berikan obat gratis dengan manajemen distribusi yang baik.


Erick juga menatakan dalam pembagian paket kepada masyarakat tidak mampu, terdapat tiga jenis paket yang disiapkan, masing-masing untuk kebutuhan tujuh hari.

"Paket 1 (warna biru) untuk orang tanpa gejala (OTG), paket 2 (warna hijau) untuk orang dengan gejala panas dan kehilangan penciuman, dan aket 3 (warna oranye) untuk orang dengan gejala panas dan batuk kering," ujar Erick.

Ia berharap masyarakat yang sedang isolasi mandiri dapat segera sembuh dari Covid-19, oleh karena itu ia mengkawal semua obat-obat untuk pasien. 

"Kami ingin masyarakat yang Isoman segera sembuh dari Covid-19. Kesiapan obat dan vitamin untuk paket-paket ini akan saya kawal. Terus menjaga ketersediaan dan harga obat dan vitamin esensial terapi Covid-19 yang diproduksi BUMN farmasi," katanya. 

Ia juga mengatakan bahwa fokus saat ini adalah berupaya mencari dan memberikan solusi untuk rakyat, memang tidak mudah, kata Erick, tapi jika niatnya baik, yakinlah selalu ada jalan.

Kebutuhan oksigen yang sangat mendesak untuk penanganan pasien Covid-19, membuat BUMN terus mengerahkan sumber daya yang ada untuk memenuhi ketersediaan oksigen. 

"Setelah Pertamina, hari ini saya meninjau proses penyaluran bantuan oksigen di Pabrik Gas Industri Krakatau Steel," ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa Krakatau Steel memberikan bantuan pengisian oksigen hingga 800-1.000 tabung oksigen per hari sehingga diperkirakan akan mencapai jumlah 250 ton oksigen per bulannya. []

Berita terkait
Erick Thohir Sentil Pejabat BUMN yang Asyik di Zona Nyaman
Erick Thohir menyebut bahwa zona nyaman juga akan membuat BUMN tidak akan mampu berkompetisi, bahkan mengarah pada kehancuran.
Irma Chaniago NasDem Salut dengan Ikhtiar Erick Thohir
Menurutnya, salah satunya usulan Erick Thohir adalah agar BPOM memberikan izin Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19.
Profil Menteri BUMN Erick Thohir Kandidat Capres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi. Berikut profil Erick.
0
Menteri BUMN: Negara Hadir untuk Rakyat di Tengah Pandemi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa negara hadir untuk rakyat sesuai arahan Presiden Joko Widodo.