Menko Luhut Ingin Seluruh Aspek Pariwisata Toba Terintegrasi

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ingin seluruh aspek pariwisata Toba terintegrasi agar dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat di sekitarnya.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:Tagar/Kemenko Marves)

Sumut - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Proyek Jalan Tol Tebing Tinggi - Sarbelawan untuk meninjau pembangunan dan kesiapan pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.  

"Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat," tuturnya pada hari Sabtu, 13 Februari 2021.

Menko Luhut menjelaskan, jalan tol yang menyambungkan Parapat ke Kualanamu Ini akan meningkatkan akses pembangunan serta kesiapan danau Toba sebagai daerah DPSP. Pembangunan tol ini juga akan meningkatkan perekonomian daerah-daerah sekitar karena mudahnya akses yang ada. 

Tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 ini, akan menghubungkan sampai ke Pematang Siantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.

Dengan jalan tol ini, maka jarak tempuh dari Parapat hingga Kualanamu bisa ditempuh dalam waktu satu setengah hingga dua setengah jam. Selain itu, akan dibangun pula kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang juga sekaligus memajukan usaha UMKM sekitar. 

Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat.

Diharapkan, jalan tol ini dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan. Berbagai kemajuan pembangunan, juga diharapkan akan segera dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Danau Toba.

"Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi, akan merubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya," sebut Menko Luhut. [] 

Berita terkait
Tiga Hari Keliling Toba, Menko Luhut: Kita Jangan Motong Hutan
Menko Luhut Binsar Pandjaitan tiga hari di Danau Toba, Sumut, meninjau sejumlah proyek strategis nasional.
Menko Luhut di Dairi, Menyesap Kopi dan Beri Dolar ke Barista
Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Silahisabungan, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi
Luhut Kampanyekan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia
Menko Luhut mengatakan, Gerakan bangga berwisata di Indonesia perlu dilakukan untuk memulihkan sektor wisata di Indonesia.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.