Masjid dari Batu Giok Tahap Perampungan, Bisa Bayangkan Keindahannya?

Masjid Agung Baitul ‘Ala atau yang kerap disebut dengan Masjid Giok itu dibangun dengan lahan seluas lima hektare dan bangunannya sekitar 60x80 meter itu akan dilapisi dengan 40 ribu lebih keping ubin dari batu giok terbaik.
Masjid Agung Baitul ‘Ala atau Masjid Giok yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya. (Tagar/Fahzian Aldevan)

Nagan Raya, (Tagar 23/5/2018) – Masih ingat saat masyarakat Indonesia dilanda demam batu akik beberapa tahun lalu? Saat itu, banyak batu yang berkualitas baik dijadikan perhiasan sebagai cincin, kalung dan gelang. Beberapa daerah yang ada di Indonesia pun punya batu andalannya.

Di Aceh, ditemukan sejenis batu yang dikategorikan mirip dengan batu Giok dari Cina. Disebutlah batu itu sebagai Giok Aceh. Pernah ditemukan Giok Aceh seberat ratusan kilogram yang ditaksir bernilai miliaran. Giok Aceh pun menjadi terkenal dan diburu pecinta batu mulia dari dalam dan luar negeri.

Kualitas Batu Giok untuk Pembangunan MasjidBupati Nagan Raya, M. Jamin Idham (tengah) bersama Kapolres AKBP Giyarto (kiri) melihat kualitas batu giok yang dipegang dan didudukinya ketika melakukan peninjauan di pegunungan Gampong Pante Ara, Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Selasa (22/5). (Fzi/Ist)

Di Nagan Raya, Provinsi Aceh, tengah dibangun Masjid Agung berlapiskan batu giok yang kini memasuki tahap perampungan.

Masjid Agung Baitul ‘Ala atau yang kerap disebut dengan Masjid Giok itu dibangun dengan lahan seluas lima hektare dan bangunannya sekitar 60x80 meter itu akan dilapisi dengan 40 ribu lebih keping ubin dari batu giok terbaik.

Untuk mencari lapisan terbaik batu giok itu, Bupati Kabupaten Nagan Raya, M. Jamin Idham melakukan peninjauan langsung ke lokasi di pegunungan Gampong Pante Ara, Kecamatan Beutong, Kabupaten Setempat, Selasa (22/5).

Peninjauan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung kualitas Giok yang sudah ditemukan.

“Ya benar, tadi saya terjun melihat langsung kualitas batu gioknya, nanti batu giok ini lah yang akan kita pakai untuk lantai di Masjid Giok Nagan Raya,” kata Jamin saat dihubungi Tagar, Rabu, (23/5) pagi. (fzi)    



Berita terkait
0
Pulihkan Ekonomi, Kementerian PDTT Dukung Work From Bali
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mendukung program pemerintah work from Bali dalam rangka memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid.19