Man Utd vs Tottenham, Mourinho Permalukan Tim yang Pecat Dia

Tottenham Hotspur menghajar habis-habisan Manchester United. Manajer Tottenham Jose Mourinho sukses permalukan klub yang memecatnya 2 tahun lalu.
Tottenham Hotspur menghajar habis-habisan Manchester United dengan skor 6-1 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 4 Oktober 2020 malam WIB. Tampak pemain Tottenham merayakan gol Serge Aurier (kiri) di laga itu. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Jakarta - Tottenham Hotspur menghajar habis-habisan Manchester United di pertandingan Liga Premier Inggris. Dalam duel di Stadion Old Trafford, Minggu, 4 Oktober 2020 malam WIB, Tottenham membantai Man Utd 6-1. Manajer Tottenham Jose Mourinho pun sukses mempermalukan klub yang memecatnya dan manajer Ole Gunnar Solskjaer yang menggantikannya. 

Pembalasan manis dari Mourinho. Bahkan eks manajer Chelsea ini sukses melakukannya di kandang Man Utd yang dikenal dengan Theatre of Dream. Kini, kandang mereka kembali dikukuhkan sebagai Theatre of Nightmare, Teater Mimpi Buruk.

Di hadapan petinggi dan pemilik klub, Mourinho memberi pelajaran kepada Solskjaer bagaimana membantai sebuah tim yang sesungguhnya dihuni pemain top. Tak hanya itu, Mourinho dan Tottenham mengajarkan bagaimana bisa mendatangkan Sergio Reguilon dan Gareth Bale dari Real Madrid yang sesungguhnya diincar Man Utd.

Dia mungkin jadi sulit tidur usai kekalahan ini

"Situasi buruk bagi Man Utd. Mereka dipermalukan manajer yang dipecat 2 tahun lalu," kata James Robson, jurnalis Evening Standard dalam ulasannya. 

Bagaimana dengan Man Utd yang tak pernah melakukan pembelian terbaik sejak era Sir Alex Ferguson? Klub sudah menjadikan Paul Pogba sebagai pemain termahal di dunia saat memboyongnya kembali dari Juventus. Bek Harry Maguire juga tercatat sebagai pemain belakang termahal di dunia. 

Namun mereka tak sebanding dengan harga mahal yang dikeluarkan The Red Devils. Pogba lebih sering ngisruh karena ingin hengkang dari Old Trafford setelah gagal mengangkat tim. 

Begitu pula Maguire tak mampu menyamai level Rio Ferdinand yang pernah menjadi bek termahal di dunia saat dibeli Ferguson dari Leeds United. Meski diberi ban kapten dirinya belum mengukuhkan sebagai palang pintu andalan Man Utd. 

Man Utd vs TottenhamPemain depan Tottenham Hotspur Son Heung-min (kiri) saat mengolongi kiper Manchester United David de Gea untuk mencetak gol di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 4 Oktober 2020 malam WIB. Tottenham menang 6-1 di laga itu (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Kinerja Maguire pantas dipertanyakan karena pasukan Mourinho bisa memaksa kiper David de Gea memungut bola di gawangnya sampai 6 kali. Terlepas dari diusirnya striker Anthony Martial di menit 28, namun performa Man Utd memang jeblok di semua lini.

Atas kemenangan mengesankan itu, Mourinho menunjukkan simpatinya kepada Solskjaer. Hanya, dia tetap sedikit meledek koleganya.

"Dia mungkin jadi sulit tidur usai kekalahan ini," kata Mourinho. "Sebagian mengatakan mudah menghadapi tim dengan 10 orang saat laga masih lama. Tetapi kami memang bermain bagus saat masih 11 lawan 11. Bahkan setelah unggul 2-1, mereka tak pernah mendapatkan solusi bagaimana menghadapi kami," ujar eks pelatih Inter Milan ini. 

Man Utd Hanya Main Bagus Selama 2 Menit

Di laga itu, Man Utd hanya bermain bagus selama 2 menit pertama. Mereka memang unggul cepat lewat penalti Bruno Fernandes saat laga baru berjalan 2 menit. Penalti diberikan setelah gelandang tim nasional Portugal ini diganjal Davinson Sanchez di kotak terlarang. Dengan gaya khas melompat-lompat, Fernandes menuntaskan eksekusinya. 

Namun, keunggulan itu tak bertahan lama. Rapuhnya barisan pertahanan yang digalang Maguire menjadikan Tottenham hanya butuh 2 menit pula untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari kesalahan Luke Shaw yang dimanfaatkan Erik Lamela dan dia kemudian melepaskan umpan kepada Tanguy Ndombele. Peluang itu dituntaskan dengan baik oleh Ndombele.

Mourinho dan SolskjaerManajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho (kanan) bersimpati pada manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer (kiri) di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 4 Oktober 2020 malam WIB. Mourinho sukses mempermalukan klub yang memecatnya dengan kemenangan telak 6-1. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Tottenham juga tak butuh waktu lama untuk membalikkan keadaan. Kali ini pemain depan Son Heung-min yang meneruskan tendangan bebas kapten Harry Kane di menit 7. 

Dalam situasi tertinggal 2-1, Man Utd mendapat celaka karena Martial melakukan pelanggaran terhadap Lamela. Wasit Anthony Taylor pun mengusir striker timnas Prancis ini di menit 28. 

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan sepenuhnya oleh The Lilywhites. Di menit 30, mereka sudah unggul 3-1 saat Kane membobol gawang tuan rumah usai menyelesaikan umpan Son. 

Gelandang Korea Selatan ini memang menjadi momok bagi barisan belakang Man Utd. Dirinya mempermalukan kiper De Gea dengan mengolonginya saat mencetak gol ke-2 di laga itu di menit 37. Skor berubah menjadi 4-1 untuk Tottenham yang bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak ke-2, Solskjaer tak bisa berbuat apa-apa. Upayanya memasukkan Fred dan Scott McTominay demi memperkuat pertahanan pun sia-sia. Bermain dengan 10 orang memang tak berguna menghadapi Mourinho yang jago strategi bermain.

Tak heran bila Tottenham tak terpengaruh dengan pergantian yang dilakukan Solskjaer. Terbukti, klub London Utara ini memperbesar keunggulan saat Serge Aurier memanfaatkan umpan dari Pierre-Emile Hojbjerg menit 51.

Man Utd kian frustrasi karena kekalahan dengan skot telak sudah membayangi mereka. Pogba pun membuat kesalahan dengan menjatuhkan Lucas Moura di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih dan eksekusi penalti dituntaskan oleh Kane di menit 79. 

Skor berubah menjadi 6-1. Tidak ada lagi gol tercipta dan Tottenham puas mempermalukan Man Utd di kandang sendiri. 

Kemenangan itu menjadikan Tottenham naik ke peringkat 5 dengan poin 7. Sementara, Man Utd mulai waswas. Mereka turun ke posisi 16 atau 2 strip di atas zona degradasi dengan poin 3. []

Berita terkait
Brighton Vs Man Utd, Penalti Fernandes di Menit ke-100
Manchester United menaklukkan Brighton & Hove Albion di Liga Premier Inggris. Gol kemenangan Man Utd dicetak Bruno Fernansdes di menit ke-100.
Man Utd Lolos di Piala Liga, Henderson Geser De Gea
Manchester United lolos ke babak ke-4 Piala Liga usai menyingkirkan Luton Town. Kiper Man Utd Dean Henderson sukses geser David de Gea di laga itu.
Southampton Vs Tottenham, 4 Gol Jadikan Son Top Scorer
Tottenham Hotspur menang besar atas Southampton. Di laga itu, Son Heung-min memborong 4 gol sehingga menjadi top scorer Liga Premier Inggris.
0
Pemkot Lhokseumawe Segera Lakukan Vaksinasi Massal Covid-19
Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam bulan Juni 2021 ini akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal