UNTUK INDONESIA
Makin Banyak Kota di Jerman Jadi Kawasan Risiko Virus Corona
Pandemi virus corona di Jerman terus bergejolak sampai melewati batas aman sehingga kian banyak kota yang jadi kota risiko virus corona
Suasana malam di Kota Berlin, Jerman, 10 Oktober 2020 (Foto: dw.com/id).

Berlin - Angka infeksi virus corona di 11 kota di Jerman kembali melewati batas kategori kawasan risiko virus corona yang ditetapkan pemerintah, yaitu lebih dari 50 infeksi per 100.000 penduduk. Di Ibu Kota Berlin, jam malam diberlakukan mulai jam 23.00 sampai jaml 06.00 pagi dengan larangan penjualan minuman beralkohol.

Inilah untuk pertama kalinya sejak 70 tahun, jam malam diberlakukan di Berlin. Padahal sejak runtuhnya Tembok Berlin, kota ini identik dengan kota pesta malam. Tetapi dengan meningkatnya angka infeksi harian, pesta-pesta jalanan dan di bar-bar sekarang terhenti.

Jam malam di Berlin diberlakukan setidaknya sampai akhir Oktober. Semua bisnis, termasuk restoran, bar, dan toko harus ditutup antara pukul 23.00 sampai pukul 6.00 pagi hari. Bisnis yang melanggar dapat dikenakan denda hingga 5.000 euro. Perkumpulan di luar ruangan juga dibatasi hanya sampai lima orang atau dua rumah tangga. Polisi dan pegawai kota berkeliling mengawasi penerapan aturan jam malam.

1. Kehidupan Malam di Kota Pemicu Infeksi Virus Corona

Hari Minggu, 11 Oktober 2020, polisi di Kota München membubarkan sebuah pesta yang melanggar aturan virus corona. Polisi menerima panggilan bahwa ada 100 hingga 150 orang yang menghadiri pesta ilegal di bekas rumah jagal, namun ketika petugas kepolisian tiba di sana hanya ada 25 orang yang hadir. Mereka lalu dikenakan sanksi denda karena tidak memakai masker atau menjaga jarak.

warga berlin di jalanDua warga Kota Berlin yang ingin menghabiskan malam di jalan (Foto: dw.com/id).

Di Kota Trier, dekat perbatasan ke Luxembourg, lebih 100 remaja dan orang muda berpesta di rumah pribadi dengan cara "yang bertentangan dengan tindakan pencegahan corona," kata polisi. Sebagian besar tamu pesta berasal dari Luksemburg. Beberapa orang melarikan diri ke hutan terdekat ketika petugas datang untuk membubarkan acara itu.

Polisi mengatakan mereka telah mencatat data dari setidaknya 70 remaja dan pemuda, dan menahan salah satu panitia acara, yang tampaknya merupakan acara komersial. Kehidupan malam di kota-kota besar di Jerman memang telah menjadi salah satu pendorong utama meningkatnya angka infeksi.

2. NRW Tidak Berlakukan Jam Malam

Kota-kota terbaru yang pada akhir minggu menjadi kawasan risiko adalah Essen dan Köln, selain Berlin, Frankfurt, dan Stuttgart. Namun, di Essen dan Köln yang terletak di negara bagian Nordrhein-Westfalen (NRW) tidak diberlakukan jam malam.

Angka infeksi harian di Essen mencapai 57,3 per 100.000 penduduk, sedangkan Köln mencatat 61 infeksi harian per 100.000 penduduk selama tujuh hari terakhir. Negara bagian Nordrhein-Westfalen yang bertetangga dengan Belanda dan Belgia adalah negara bagian Jerman dengan jumlah penduduk terbanyak.

Lembaga Pengawasan dan Pengendalian Pandemi Jerman, Robert-Koch Institut (RKI), hari Senin (12/10) mencatat 2.467 infeksi baru virus corona dengan 11 kematian terkait virus tersebut, dengan total menjadi 325.331 kasus. Korban meninggal yang dilaporkan bertambah 6 kasus menjadi total 9.621 kematian sejak awal pandemi [hp/rap (dpa, rtr)]/dw.com/id []

Berita terkait
Lonjakan Pandemi Virus Corona di Jerman Mengkhawatirkan
Kasus baru virus corona di Jerman dilaporkan menyebar dengan cepat pada tingkat mengkhawatirkan sejak April 2020
Ramai Dokter Jerman Bugil Protes Kurang APD Lawan Corona
Para perawat dan dokter di Jerman ramai-ramai mengunggah foto bugil mereka dalam satu situs sebagai bentuk aksi protes keurangan APD.
Cegah Corona, Mulai Senin Jerman Wajibkan Masker
Jerman akan mewajibkan penggunaan masker di area publik untuk memerangi penyebaran virus corona Covid-19.
0
Jokowi Ungkap Nilai Plus Jembatan Teluk Kendari di Sulteng
Jembatan Teluk Kendari yang telah tuntas pembangunannya di Kendari, Sulawesi Tenggara. Presiden Jokowi pun langsung mengungkap manfaatnya.