UNTUK INDONESIA
Mahkota Plastik Milik Rapper Ini Terjual Rp 8,8 Miliar
Mahkota bak raja dari bahan plastik, yang pernah dipakai rapper The Notorious B.I.G. terjual seharga Rp 8,8 miliar.
Mahkota bak raja dari bahan plastik yang pernah dipakai rapper The Notorious B.I.G. (Foto: hiphop-n-more.com)

Jakarta - Mahkota bak raja dari bahan plastik yang pernah dipakai mendiang rapper The Notorious B.I.G. terjual seharga 594.750 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 8,8 miliar.

 Saya hanya membayar enam dolar untuk itu.

Pemilik barang yang sempat dimiliki The Notorious B.I.G alias Biggie itu bernama Barron Claiborne. Ia mengaku hanya merogoh kocek senilai 6 dolar AS untuk mendapatkan mahkota tersebut dari salah satu toko barang bekas.

"Saya membelinya di sebuah tempat di Broadway bernama Gordon's. Tanpa Biggie, mahkotanya itu tidak akan bernilai [miliaran]. Saya hanya membayar enam dolar untuk itu," kata Claiborne kepada New York Post, Rabu 16 September 2020.

Mahkota itu terjual dalam proses lelang memorabilia hip-hop yang digelar balai lelang Sotheby di New York, Amerika pada Selasa 15 September 2020, waktu setempat.

The Notorious B.I.G.Mahkota bak raja dari bahan plastik yang pernah dipakai rapper The Notorious B.I.G. (Foto: hiphop-n-more.com)

Mahkota itu sempat digunakan The Notorious B.I.G. saat dipotret oleh Barron Claiborne yang berprofesi sebagai fotografer. Tiga hari setelah pemotretan, Biggie ditembak mati di Los Angeles pada tahun 1997.

Pada awalnya balai lelang Sotheby membuka harga antara 200.000 - 300.000 dolar AS untuk para peserta yang ingin menawar mahkota bak raja dari bahan plastik tersebut.

Masih banyak barang yang akan dilelang di Sotheby. Adapun di antaranya 22 surat yang ditulis oleh mendiang rapper Tupac Shakur kepada kekasihnya saat Sekolah Menengah Atas, penutup mata bertatahkan berlian milik rapper Slick Rick, dan jaket milik rapper Salt-N-Pepa yang dikenakan dalam video musik Push It.

Sebagian dana dari barang yang dilelang rencananya akan digunakan untuk program Hip Hop di Perpustakaan Umum Queens dan yayasan sosial nirlaba Building Beats.

Wakil Presiden dan Senior di Departemen Buku & Naskah Sotheby, Cassandra Hatton, mengatakan hasil dari barang lelang untuk menghormati rapper yang telah membuat hip-hop kini menjadi budaya populer.

"Sejak kelahirannya di Bronx pada 1970-an, Hip Hop telah menjadi kekuatan budaya global yang memiliki pengaruh besar dan terus membentuk segmen budaya dari musik, mode, desain, seni, film, sikap sosial, bahasa, dan banyak lagi," ujar Hatton.

"Lelang ini adalah perayaan asal-usul dan era awal pengaruh [hip hop] tersebut. Kami dengan senang hati mengumumkan lelang [barang] dua ikon terkenal dan tersayang yang kehidupan dan liriknya terus bergema, yaitu Biggie dan Tupac," tuturnya.

Berita terkait
Reaksi Pemain Hulk, Chris Evans Sebar Foto Kelamin Pria
Pemeran Hulk yaitu aktor Mark Ruffalo bereaksi setelah karibnya memperlihatkan alat kelamin pria di medsos.
BTS Rilis Game Ponsel Universe Story, Simak Trailernya
Game ponsel yang dibintangi boyband Bangtan Boys alias BTS bertajuk BTS Universe Story baru saja merilis trailernya.
Snoop Dogg Ajak Pilih Sosok Antirasisme di Pemilu AS
Musisi Snoop Dogg mengajak masyarakat datang ke pemilihan umum AS untuk memilih kandidat yang bersikap antirasisme.
0
Rusunawa di Yogyakarta Jadi Shelter OTG Covid-19
Pemkot Yogyakarta menyiapkan rusunawa di Kecamatan Tegalrejo untuk isolasi pasien OTG corona mulai Senin, 21 September 2020.