Lionel Messi Tinggalkan Camp Nou LaLiga Rugi Besar

Banyak kalangan di Spanyol melihat jika Lionel Messi tetap tinggal di Barcelona akan menguntung semua pihak di LaLiga
Lionel Messi dan anak-anaknya main bola ketika liburan di Miami, Florida, AS (Foto: marca.com/Screenshot Marca TV)

Oleh: M. Carmen Torres (Barcelona) diadaptasi oleh Ben Feldman

Saat jendela transfer musim panas 2021 perlahan-lahan mendekati hari batas waktu, poin pembicaraan utama tetap Lionel Messi dan apakah dia akan bermain untuk Barcelona musim depan atau tidak. Meskipun Messi dan Barcelona telah mencapai kesepakatan tentang kontrak baru, tagihan gaji Blaugrana yang sangat besar membuat klubnya tidak dapat mengumumkan kontrak barunya.

Tagihan upah klub tidak boleh melebihi 70% dari pendapatan mereka, namun dalam kasus Barcelona tagihan upah mereka adalah 110% dari pendapatan mereka.

1. Apa Dampak Kepergian Messi?

Jika pemain Argentina itu tidak hanya meninggalkan Camp Nou tetapi juga LaLiga Santander musim panas ini, itu akan berdampak besar pada kompetisi. Banyak yang percaya bahwa dampak ini akan merugikan.

"LaLiga tidak bisa membiarkan Messi pergi," kata presiden Getafe Angel Torres, Selasa, 27 Juli 2021. "Mereka akan membuat kesalahan dan kita semua akan menyesalinya.”

leo messiLionel Messi (Foto: marca.com/EFE)

Sementara itu, Marc Ciria, Direktur Umum Diagonal Investments, mengatakan kepada MARCA bahwa membiarkan Messi pergi akan membuat liga secara signifikan kurang menarik.

"Messi adalah simbol terakhir dan pemain waralaba yang tersisa di LaLiga Santander, jadi jika kami kehilangan dia dan dia pergi ke liga lain, maka sepak bola Spanyol akan menjadi kurang menarik dan kurang kompetitif," kata Ciria.

2. Bisakah Pengecualian Dibuat?

Sementara Presiden Barcelona, Joan Laporta, dan Presiden LaLiga, Javier Tebas, telah mencari cara untuk memberi Barcelona fleksibilitas yang lebih besar agar kontrak Messi ditandatangani, tokoh-tokoh tertentu telah mengkritik gagasan bahwa satu klub dapat diberi perlakuan unik.

messi stop over di barcelonaLionel Messi (kedua dari kiri) singgah (stop over) di Barcelona untuk melanjutkan liburan bersama keluarganya (Foto: today.in-24.com)

"Tidak baik jika hanya Barcelona yang mengizinkan ini," kata Marc Menchen, pendiri 2Playbook. "Aturannya tidak boleh a la carte. Jika Anda fleksibel, Anda harus melakukannya dengan semua tim."

Dampak Messi di Barcelona jauh melampaui perannya di lapangan, karena dia sendiri bertanggung jawab atas sepertiga pendapatan klub, mengingat nilainya dalam hal kontrak sponsor, upaya pemasaran, dan penjualan tiket.

Ciria menghitung bahwa dampaknya untuk LaLiga serupa, sekitar 20% hingga 30% dari pendapatan organisasi, dan dia memiliki keyakinan luas bahwa jauh lebih baik bagi Messi untuk tetap di Barcelona musim panas ini daripada dia mencari padang rumput baru di luar negeri.

"LaLiga bukanlah merek yang sama tanpa Messi di dalamnya," tambah Ciria (marca.com). []

Berita terkait
Lionel Messi Kembali ke Barcelona .... Tapi Hanya Untuk Singgah
Lionel Messi mendarat di Barcelona Rabu, 28 Juli 2021, sore, tapi hanya beberapa jam Messi segera pergi lagi lanjutkan libura bersama keluarganya
Kepercayaan Buta Barcelona Terhadap Lionel Messi
Manajemen Barcelona yakin Lionel Messi akan menandatangani perpanjangan kontraknya, tapi hari demi hari belum ada kejelasan
Lionel Messi Terus Memanfaatkan Liburannya ke Karibia
Menikmati waktu senggang bersama keluarganya merupakan langkah yang diambil Messi ketika belum ada perpanjangan kontrak dengan Barcelona
0
Lionel Messi Tinggalkan Camp Nou LaLiga Rugi Besar
Banyak kalangan di Spanyol melihat jika Lionel Messi tetap tinggal di Barcelona akan menguntung semua pihak di LaLiga