UNTUK INDONESIA
Lionel Messi 90 Persen Tetap di Barcelona
Pemain bintang Lionel Messi kemungkinan besar tidak meninggalkan Barcelona. Dia 90 persen bertahan untuk menyelesaikan kontrak satu tahun lagi.
Pemain bintang Lionel Messi (depan) kemungkinan besar tidak meninggalkan Barcelona. Dia 90 persen bertahan untuk menyelesaikan kontrak satu tahun lagi setelah pertemuan ayahnya, Jorge Messi (tengah) dengan Presiden Barca Josep Maria Bartomeu mengalami deadlock. (Foto: thesun.co.uk)

Jakarta - Pemain bintang Lionel Messi kemungkinan besar tidak meninggalkan Barcelona. Dia 90 persen bertahan di Camp Nou untuk menyelesaikan kontrak yang berakhir pada 2021. Keputusan itu diambil setelah pertemuan Presiden Barca Josep Maria Bartomeu dan Jorge, ayah sekaligus perwakilan Messi, mengalami deadlock dan gagal mencapai kesepakatan. 

Tak ada kejutan dari pertemuan yang berlangsung 90 menit itu, Rabu, 2 September 2020 waktu setempat. Kedua belah pihak bersikukuh pada keyakinan masing-masing dalam pertemuan yang juga dihadiri Direktur Barca, Javier Bordas, dan Rodrigo Messi, saudara yang juga bertindak sebagai advisor kapten Barca itu. 

Meski terjadi perbedaan pendapat yang tajam, pertemuan sesungguhnya tidak berlangsung panas atau menegangkan. Bahkan ke-2 belah pihak merencanakan pertemuan berikutnya dalam waktu dekat ini.

Kamis akan menjadi hari penentuan bagi dia. Namun dia kemungkinan menyetujui menyelesaikan kontrak yang tinggal satu tahun

Pertemuan dilakukan karena perbedaan sikap tersebut menjadikan nasib Messi tak pasti. Barca sendiri tetap menampilkan Messi saat memperkenalkan jersey kandang 2020-21. Ini menunjukkan bila klub berkeyakinan kapten berusia 33 ini bertahan di Camp Nou. 

Bartomeu menyatakan bila klausul Messi yang memungkinkan dia pergi dari Barca secara gratis sudah melewati tenggat waktu 10 Juni lalu. Ini berarti, Messi tetap terikat kontrak dengan Barca dan sudah seharusnya kembali berlatih.

Bila ada yang ingin merekrut Messi, klub harus menebus klausul rilisnya sebesar 700 juta euro atau sekira Rp 12 triliun. Pasalnya Barca tidak akan melego Messi.

Sebaliknya, ayah Messi menuturkan sulit bagi anaknya bertahan di Barca. Klausul keistimewaan Messi dianggap masih berlaku karena kompetisi mundur akibat pandemi Covid-19

Sang pemain sendiri secara tidak langsung sudah menganggap bukan lagi bagian dari Barca sejak menyatakan keinginannya untuk pergi. Dia pun menolak menjalani swab test yang digelar klub sebelum melakukan latihan. Messi juga sudah tidak nongol di tempat latihan. 

Dalam situasi deadlock, muncul kabar bila Messi bakal bertahan di Barca. Jurnalis Martin Arevalo mengklaim 90 persen La Pulga menyetujui tetap di Barca sampai kontraknya berakhir pada 2021. Hanya, dia tidak bersedia menerima tawaran perpanjangan kontrak 2 tahun lagi dari klub. 

"Kamis akan menjadi hari penentuan bagi dia. Namun dia kemungkinan menyetujui menyelesaikan kontrak yang tinggal satu tahun," ujar Arevalo kepada TyC Sports yang dikutip Football Espana

Masa depan Messi memang masih menjadi teka-teki. Apa pun keputusannya, Barca kemungkinan kehilangan sang ikon tanpa mendapatkan sepeser pun. 

Baca juga:

Diragukan, Juventus Buru Messi Bangun Tim Super

Inter Milan Berpeluang Gaet Messi Ketimbang Man City

Pasalnya tawaran perpanjangan kontrak dari Bartomeu sudah ditolak Messi. Bila tidak diizinkan pergi, pemain yang sudah 6 kali memenangi Ballon d'Or ini hanya perlu menunggu beberapa bulan lagi untuk melakukan negosiasi dengan klub lain tanpa keterlibatan Barca. 

Hanya, apakah Manchester City yang berambisi memboyong Messi bersedia menunggu sampai tahun depan atau memilih melepas dia. Bila tidak, Messi sudah ditunggu Inter Milan, Paris Saint-Germain dan bahkan Juventus. []

Berita terkait
Barcelona Menang Perkara, Messi Tunggu Kontrak Habis
Barcelona dibela La Liga dalam perseteruan dengan pemainnya, Lionel Messi. Klausul Messi ditolak dan klausul rilis dari klub yang masih berlaku.
Sepakat dengan Man City, Messi Kantongi Gaji Rp 9 T
Bintang Barcelona Lionel Messi menjadi pemain yang kian tajir bila gabung dengan Manchester City. Dia akan menerima gaji triliunan dari Man City.
Guardiola Tepergok di Barcelona, Messi Bakal ke City
Manajer Manchester City Pep Guardiola tepergok berada di Barcelona. Dia kembali ke klub lama untuk negosiasi perekrutan Lionel Messi.
0
Berikut Kuliner Khas Sulawesi Barat yang Wajib Anda Coba
Berikut ragam kuliner khas Sulawesi Barat yang wajib anda cicipi jika berkunjung ke wilayah tersebut