UNTUK INDONESIA
Lina Medina, Wanita yang Melahirkan di Usia 5 Tahun
Peristiwa wanita mengandung di usia yang baru menginjak lima tahun tentu menjadi hal yang bisa dibilang mustahil.
Ilustrasi ibu menyusui bayinya.(Foto: Shutterstock)

Jakarta - Peristiwa wanita mengandung di usia yang baru menginjak lima tahun tentu menjadi hal yang bisa dibilang mustahil. Namun, hal mengejutkan dan unik ini benar terjadi dalam sejarah peradaban manusia.

Lina Vanessa Medina, ibu termuda yang pernah hidup dalam sejarah kedokteran. Ia melahirkan seorang bayi dalam usia 5 tahun, 7 bulan, dan 21 hari. Mengejutkannya lagi, anak laki-laki yang dikandungnya bisa terlahir dengan selamat dan tetap hidup.

LinaLina dan anaknya, Gerardo (Kiri) serta foto saat Lina tengah hamil (kanan) (Foto: Free Press Journal, Vintage Everyday)

Kronologi Kehamilan

Awalnya, Lina dibawa ke rumah sakit oleh orang tuanya karena tubuhnya yang terus membesar. Orang tuanya mengira bahwa Lina terkena tumor, tapi justru dokter mengatakan bahwa ia sedang hamil berusia tujuh bulan. 

Sayangnya, informasi penyebab dirinya hamil tidak dijelaskan secara detail. Ayah Lina sempat ditahan dengan tuduhan pemerkosaan, namun akhirnya dilepaskan setelah tidak ditemukannya bukti. 

Pada 14 Mei 1939, wanita kelahiran Peru, 27 September 1933 ini melahirkan melalui metode bedah caesar karena tulang selangkanya yang masih kecil. Saat itu, Lina ditangani oleh dokter bedah Dr. Lozeda dan Dr. Busalleu serta Dr. Colretta yang menyiapkan anestesi.

Kondisi medis menyebutkan, Lina telah mengalami menstruasi saat berusia 8 bulan, bahkan payudaranya telah berkembang sejak usianya 4 tahun.

Kondisi Anak

Anak lelakinya lahir dengan berat 2,7 kg dan diberi nama Gerardo Medina. Awalnya, Gerardo menyangka Lina adalah kakaknya. Namun, di usia 10 tahun, ia baru mengetahui Lina adalah ibunya.

Di tahun 1981, Gerardo menikah dengan wanita bernama Cassie Robinson. Ia kemudia meninggal pada 1979 di usianya yang ke-40 tahun. []

Berita terkait
0
Kenapa Adian Napitupulu Tidak Mau Jadi Menteri?
Kenapa Adian Napitupulu tidak mau jadi menteri? Ini pasti pertanyaan yang ada dalam pikiran banyak orang. Tulisan opini Denny Siregar.