Jakarta - Traveloka, salah satu biro perjalanan daring, mengantisipasi lonjakan pemesanan tiket bus di aplikasinya akan naik pada hari raya Idul Fitri 2019.

"Tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan, yaitu mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal," kata Head of Growth Management Traveloka, Iko Putera, dalam keterangan resmi, Jumat, dilansir dari Antara.

Data Traveloka menyatakan transportasi udara masih diminati oleh masyarakat. Tampaknya mereka tidak perduli dengan kabar santer kenaikan harga tiket maskapai penerbangan akhir-akhir ini.

Tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan, yaitu mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal.

Hingga saat ini masih tersedia tiket bus di aplikasi Traveloka dan tiket bus untuk sejumlah rute, bahkan juga tiket untuk 31 Mei yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik 2019.

Tiket yang dijual mulai Rp 280.000,- itu tersedia antara lain untuk tujuan Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo dan Jakarta-Palembang.

Traveloka menerangkan, tingginya minat terhadap transportasi darat, terutama bus, untuk mudik Lebaran karena bisa hemat anggaran hingga Rp 950.000 dibandingkan menggunakan pesawat.

Menyikapi mudik Lebaran tahun ini, Traveloka mempersiapkan sistem mereka agar tetap stabil dalam melayani pemesanan dan pembayaran di aplikasi tersebut.

Traveloka mempersiapkan sistem aplikasi mereka tetap stabil selama Lebaran. Selain itu juga membuka layanan pelanggan, customer service, dengan durasi 24 jam sehari selama tujuh hari penuh dan jaminan 100 persen uang kembali jika batal pemberangkatan. []

Baca juga: