UNTUK INDONESIA
Lautaro Martinez, Bertahan di Inter atau ke Barca
Striker Inter Milan Lautaro Martinez belum pasti bergabung dengan Barcelona. Inter juga berusaha membentenginya dengan menaikkan gaji Martinez.
Real Madrid ingin menyerobot striker Inter Milan Lautaro Martinez yang tengah dibidik Barcelona. Namun Madrid baru akan melangkah dalam perburuan pemain setelah berakhirnya pandemi Covid-19. (Foto: barcablaugranes.com)

Jakarta - Striker Lautaro Martinez belum pasti meninggalkan Inter Milan untuk bergabung dengan Barcelona. Inter juga masih bisa mengamankan aset berharganya bila tawaran kenaikan gaji diterima Martinez. Saga transfer Martinez masih akan berlanjut sampai Juli saat dibukaya bursa transfer pemain. 

Tawaran kontrak yang disodorkan Barca memang sangat menggiurkan. Raksasa La Liga Spanyol ini memberikan kontrak berdurasi 5 tahun dengan gaji 10 juta euro atau Rp 167 miliar per tahun. 

Kontrak yang menggiurkan bagi striker tim nasional Argentina ini yang hanya mendapat gaji 2,2 juta euro atau Rp 36,7 miliar setiap tahun. Jauh di bawah dari yang ditawarkan Barca. 

Martinez dia makin berkembang dan memberi kontribusi di bawah pelatih Antonio Conte. Di masa sulit seperti sekarang ini, kami belum tahu apa yang akan terjadi

Hanya Barca tak pernah beranjak untuk melangkah. Mereka sekadar 'menguji kedalaman air' dengan menawarkan sejumlah pemain yang dijadikan paket pembelian Martinez. 

Harga 111 juta euro yang diminta Inter untuk menebus klausul rulus Martinez tak digubris Barca. Klub tersebut berharap harga bisa diturunkan dengan menawarkan para pemain. Termasuk striker Antoine Griezmann yang ingin ditukar dengan Martinez. Ini memang pertukaran yang sepadan karena harga striker tim nasional Prancis itu juga di atas 100 juta euro. 

Persoalannya, usia Griezmann sudah mendekati angka 30. Sementara, Martinez baru berusia 22 yang sudah pasti masih bertenaga, memiliki kecepatan dan naluri mencetak gol yang tinggi. Dia juga dinilai tepat menggantikan striker Luis Suarez yang mulai menurun. 

Harga Mahal Martinez Sulitkan Barca

Harga Martinez yang cukup mahal memang menyulitkan Barca sehingga mereka berharap bisa menurunkannya. Di tengah krisis akibat pandemi Covid-19, klub tak lagi jor-joran mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. Bahkan klub harus memotong gaji pemain demi melakukan penghematan. 

Di sisi lain, Barca juga masih memburu pemain Paris Saint-Germain Neymar. Proyek membawa kembali pemain Brasil ini juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.  

Pelatih Quique Setien berharap 2 pemain ada di skuatnya musim depan. Namun keuangan klub membuat permintaan Setien sulit untuk dipenuhi.

Bila tawaran Barca masih sebatas menyodorkan pemain, sulit bagi klub tersebut untuk memboyong Martinez. Inter selalu menolak tawaran pemain dari Blaugrana. Ini yang menjadikan harapan pemain yang musim ini mencetak 16 gol dan 4 assists ini selama 30 pertandingan di berbagai kompetisi ini pindah ke Barca masih menjadi tanda tanya. 

Sebaliknya, Real Madrid berpeluang menyalip Barca di tikungan terakhir? Madrid memang tak melakukan operasi terbuka untuk memboyong Martinez. Namun Los Blancos tengah memantau perkembangan sang pemain dan klub. 

Baca juga: 

Madrid Siap Rebut Lautaro Martinez dan Bawa Pogba

Barcelona Sodorkan 5 Pemain untuk Lautaro Martinez

Madrid jelas butuh centre forward untuk menggantikan Karim Benzema yang sudah termasuk pemain veteran. Madrid sesungguhnya menaruh harapan kepada Luka Jovic. Namun dirinya gagal memenuhi ekspetasi. Bahkan Jovic kemungkinan bakal dilego.

Bagaimana dengan Inter? Meski membuka klausul rilis Martinez selama 2 pekan pertama Juli, namun Inter berharap tidak ada klub yang bersedia menebusnya. 

Inter Tawarkan Kontrak Baru Kepada Martinez

Hanya I Nerazzurri tak tinggal diam. Setelah tawaran dari klub ditolak Martinez, kini mereka memberi tawaran berikutnya dengan gaji lebih tinggi lagi. Semula Inter hanya menaikkan gaji Martinez menjadi 4 juta euro per tahun. Kini, gajinya dinaikkan menjadi 7 juta euro atau Rp 116,9 miliar setahun. 

Meski tak lebih tinggi dari yang ditawarkan Barca, namun kenaikan itu sangat besar. Menurut Wakil Presiden Inter Javier Zanetti kontrak baru yang memberikan gaji tinggi kepada Martinez merupakan upaya klub mempertahankan sang pemain. 

Zanetti juga memastikan bila pemainnya bahagia di Inter. Legenda Inter yang juga berasal dari Argentina ini menilai Martinez tidak akan meninggalkan klub.

"Martinez dia makin berkembang dan memberi kontribusi di bawah pelatih Antonio Conte. Di masa sulit seperti sekarang ini, kami belum tahu apa yang akan terjadi," ucap Zanetti. 

"Saya melihat dia bahagia di sini bersama rekan tim. Dia menikmatinya. Duet dia dengan (Romelu) Lukaku berjalan dengan baik," kata eks kapten Inter ini. 

Mungkinkah Martinez bertahan di Inter? Mungkinkah upaya Barca untuk merekrutnya sekadar menaikkan harga tawar Martinez agar gajinya dinaikkan. Hal yang pernah dilakukan Wayne Rooney saat masih di Manchester United. Dan langkahnya didukung oleh manajer Sir Alex Ferguson. Hasilnya, Rooney naik gaji yang menjadikan dia sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di klub. Dia juga mendapat kontrak panjang dari Man United. 

Martinez bisa jadi masih bertahan satu atau dua tahun di Inter. Selanjutnya, dia meninggalkan Italia untuk bergabung dengan Barca atau Madrid. Atau justru ke Juventus karena mereka butuh pemain depan bila Paulo Dybala, senior Martinez di timnas, tak kunjung menjadi andalan tim. []

Berita terkait
Barcelona Ingin Tukar Griezmann dengan Martinez
Barcelona mengajukan penawaran baru kepada Inter Milan. Klub Spanyol ini ingin menukar striker Antoine Griezmann dengan Lautaro Martinez.
Tolak Kontrak Inter, Martinez Kian Dekat ke Barca
Striker Lautaro Martinez berpeluang besar pindah ke Barcelona. Terutama setelah Martinez menolak memperbarui kontraknya di Inter Milan.
Tolak Tawaran Barcelona, Inter Naikkan Gaji Martinez
Inter Milan menolak tawaran paket pemain dari Barcelona untuk menggaet Lautaro Martinez. Inter bersikukuh pada harga 111 juta euro untuk Martinez.
0
Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7
Infinix Note 7 mengandalkan baterai jumbo 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 18 watt, yang mendukung untuk main game seharian.