UNTUK INDONESIA
Kolektor Mesir Punya 100 Mobil Antik, Suka untuk Syuting Film
Sayed Sima dari Kairo, Mesir mulai mengoleksi mobil-mobil kuno sejak usia 25 tahun.
Sayed Sima, kolektor mobil antik Mesir berusia 70 tahun, berdiri di samping mobil Amerika "1900 Auburn" yang berusia 120 tahun di gerainya yang juga sebagai lokasi pameran mobil kuno di pinggiran Giza, Abu Rawash, Mesir 25 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Reuters/Arab News/Sayed Sima).

Jakarta- Sayed Sima dari Kairo, Mesir mulai mengoleksi mobil-mobil antik sejak usia 25 tahun. Ia mengaku tertarik dengan keindahan dan kelangkaannya, serta harganya yang relatif murah.

Diantara tokoh terkenal yang pernah mengendarai salah satu mobil Sima adalah mantan presiden Mesir Anwar El Sadat.

Lebih dari setengah abad kemudian, Sima - dalam bahasa gaul Mesir artinya bioskop - memiliki ratusan mobil vintage atau kuno. Berapa diantaranya disimpan di kota media Mesir karena sutradara sering menyewa barang antik tersebut untuk properti film.

Seperti diberitakan dari Arab News, Kamis, 29 Oktober 2020, mobil koleksi Sima paling tua adalah merek Auburn, hasil perburuan tahun 1980-an. “Ini tentu saja mobil yang sangat langka, mobil yang seluruhnya antik,” katanya, sambil duduk di Auburn sembari memamerkan rangka kayu dan lapisan baja.

Kolektor Mobil Antik, Sayed SimaKolektor mobil antik, Sayed Sima diantara ratusan koleksinya. (Foto: Tagar/Reuters/Arab News/Sayed Sima).

“Tangki aslinya masih di dalam. Itu mobil yang indah. Strukturnya semuanya kayu," tuturnya lagi. Sima terpesona dengan hasil produksi mobil antik itu.

Ayman, putranya yang berusia 38 tahun, mempunyai hobi yang sama. "Saya senang, bagaimana mobi-mobil ini tampil di film. Saya berpikir, oh itu mobil kami," ucapnya.

Mobil Impala Koleksi Sayed SimaMobil Impala tahun 1975 koleksi Sayed Sima yang pernah dipakai mantan Presiden Mesir, Anwar Sadat yang tewas tertembak. (Foto: Tagar/Reuters/Arab News/Sayed Sima).

Diantara tokoh terkenal yang pernah mengendarai salah satu mobil Sima adalah mantan presiden Mesir Anwar El Sadat. Presiden yang tewas tertembak ini memakai mobil kepresidenannya Chevrolet Impala 1975 warna hitam. []

Berita terkait
Mesir Temukan Deposit Emas 28 Ton Bernilai US$ 1 M
Mesir menemukan deposit emas yang diperkirakan mencapai lebih dari satu juta ones atau sekitar 28,3 ton dengan nilai lebih dari US$ 1 miliar.
Mesir Siap Menyambut Wisatawan Asing Mulai Juli 2020
Mesir akan kembali membuka negaranya untuk wisatawan asing yang ingin berlibur mulai 1 Juli mendatang.
Pria Mesir Ditangkap karena Praktik Sunat Wanita
FGM atau sunat wanita dilarang di Mesir sejak 2008, namun negara itu masih memiliki tingkat praktik ilegal tertingg di dunia.
0
Kolektor Mesir Punya 100 Mobil Antik, Suka untuk Syuting Film
Sayed Sima dari Kairo, Mesir mulai mengoleksi mobil-mobil kuno sejak usia 25 tahun.