UNTUK INDONESIA

Kisah Sahabat Nabi yang Iri dengan Orang Kaya karena Bersedekah

Nabi Muhammad SAW dicurhati sahabatnya yang miskin, sahabat miskin ini iri kepada orang kaya, punya banyak uang, bisa bersedekah, banyak pahala.
Ilustrasi - Uang banyak, orang kaya punya banyak uang. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Suatu hari Nabi Muhammad SAW dicurhati sahabanya yang miskin. Sahabat miskin ini iri kepada orang kaya, uangnya banyak, punya kesempatan bersedekah, pasti pahalanya banyak. Sedangkan dirinya hanyalah orang miskin.

Cerita itu disampaikan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin di Masjid Besar Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis malam, 24 Mei 2018.

"Sahabat-sahabat Nabi yang miskin mengutarakan kepada Nabi bahwa mereka iri terhadap ibadahnya orang kaya yang memiliki banyak kesempatan bersedeqah di jalan Allah SWT," tutur Zainal.

Zainal mendapatkan cerita itu dari periwayatan Abu Dzar RA: "Beberapa sahabat waktu itu bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan salat sebagaimana kami salat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka." - (HR. Muslim).

Kemudian Nabi menjelaskan kepada mereka bahwa ada banyak jalan untuk mendapatkan pahala sedekah, seperti menyuruh kepada kebaikan, mencegah kemungkaran, tasbih, tahmid, dan tahlil, semua ini adalah sedeqah.

Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala.


Setelah menceritakan riwayat itu, Zainal meminta orang-orang yang tidak punya banyak harta tidak perlu berkecil hati. "Ada banyak cara untuk bersedekah, berkata benar adalah sedekah, memberikan senyum kepada orang lain juga sedekah.”

Zainal juga mengingatkan Rasulullah sangat mencintai anak yatim. Rasulullah adalah teladan bagi orang-orang muslim. “Jelang hari raya misalnya, jangan sampai ada anak yatim yang merayakan Lebaran dengan air mata.”

Jangan sampai kita menyesal kemudian, kata Zainal, harta yang dikumpulkan bukan menjadi pahala, tapi menjadi rebutan anak-anak saja. []


Baca juga: Lima Nabi yang Kisah Hidupnya Difilmkan




Berita terkait
Siapa Nama Nabi Paling Sering Disebut dalam Alquran
Di antara 25 nabi, dari Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW, siapa paling sering disebut namanya dalam Alquran. Berapa lama mereka hidup di bumi.
Ada 124 Ribu Nabi dan 312 Rasul, Apa Beda Nabi dan Rasul
Ada pendapat Nabi berjumlah 124.000 orang dan Rasul berjumlah 312 orang. Hanya 25 nabi sekaligus rasul disebut di Alquran. Apa beda nabi dan rasul.
Kenapa Nabi Selalu Laki-laki, Bukan Perempuan
Dalam Alquran hanya ada 25 nabi yang diceritakan untuk diimani umat Islam. Semua laki-laki. Tidak ada perempuan. Kenapa?
0
Sambut Hari Konsumen Nasional, Pertamina Beri Penawaran Khusus
Pertamina menawarkan berbagai promo yang dapat dinikmati masyarakat dalam rangka menyambut Hari Konsumen Nasional ke-9 di tahun 2021.