Kisah di Balik Boneka Barbie Figur Kahlo, Earhart dan Johnson

Tiga boneka barbie terbaru diperkenalkan pada publik hari ini, dilabeli inspiring women, sangat menyerupai sosok Frida Kahlo, Amelia Earhart, dan Katherine Johnson.
Boneka barbie figur Frida Kahlo, Amelia Earhart, dan Katherine Johnson, tiga tokoh perempuan inspiratif dunia. (ist)

Jakarta, (Tagar 8/3/2018) - Orang-orang kreatif di belakang terciptanya karakter boneka barbie memanfaatkan momentum Hari Perempuan Internasional dengan meluncurkan boneka yang identik dengan figur nyata inspiratif.

Tiga boneka barbie diluncurkan hari ini, dilabeli tema inspiring women, sangat menyerupai sosok Frida Kahlo, Amelia Earhart, dan Katherine Johnson.

Baca juga: Perempuan Pekerja Perlu Cuti Haid, Cuti Hamil, Ruang Laktasi

Tiga sosok inspiratif yang menciptakan pembaruan di berbagai industri yang digeluti.

Frida Kahlo

Artis Meksiko, dikenal luas dari gaya melukis dan aktivisme feminisnya yang unik, lahir 6 Juli 1907, meninggal 13 Juli 1954 pada umur 47 tahun. Kehidupannya bermula dan berakhir di Kota Meksiko, di rumahnya yang dikenal sebagai rumah biru.

Dia menulis tanggal lahirnya sebagai 7 Juli 1910, tetapi akta kelahirannya menunjukkan tanggal 6 Juli 1907. Kahlo diduga menginginkan tahun kelahirannya bertepatan dengan tahun awal revolusi Meksiko sehingga hidupnya akan dimulai dengan hadirnya Meksiko modern.

Pada usia enam tahun Kahlo mengidap polio yang menyebabkan kaki kanannya tampak lebih kecil dari yang lain, dan itu tetap berlanjut hingga permanen.

Karyanya telah dikenal sebagai simbol dari tradisi nasional dan masyarakat adat di Meksiko, dan oleh kaum feminis dianggap sebagai penggambaran yang tak kenal kompromi dari wujud dan pengalaman perempuan.

Budaya Meksiko dan tradisi budaya suku Indian penting dalam karyanya yang kadang ditandai baik sebagai seni naivisme maupun seni rakyat.

Ia menderita masalah kesehatan seumur hidupnya yang berasal dari kecelakaan lalu lintas saat remaja. Isu itu terwakili dalam karya-karyanya yang kebanyakan merupakan potret diri dari satu jenis atau yang lainnya.

Kahlo mengatakan, "Aku melukis diri sendiri karena aku sering sendirian dan karena aku subjeknya maka aku tahu yang terbaik."

Amelia Earhart

Penerbang wanita pertama yang melintasi Samudera Atlantik. Lahir 24 Juli 1897, hilang 2 Juli 1937, dinyatakan tewas 5 Januari 1939. Anak perempuan dari Edwin dan Amy Earhart, pelopor penerbangan, penulis, dan pejuang hak wanita Amerika Serikat.

Earhart adalah wanita pertama yang menerima Distinguished Flying Cross. Ia mendapat penghargaan itu karena ia adalah wanita pertama yang terbang sendiri menyeberangi Samudrea Atlantik.

Ia juga membuat banyak rekor lainnya, menulis buku yang terjual paling banyak tentang pengalaman terbangnya, dan memiliki peran penting dalam pendirian Ninety-Nine, organisasi pilot wanita.

Earhart hilang secara misterius di Samudera Pasifik dekat Pulau Howland dalam usaha melakukan penerbangan keliling dunia tahun 1937.

Ketertarikan mengenai hidup, karier, dan misteri hilangnya Earhart masih tetap berlanjut sampai sekarang.

Katherine Johnson

Seorang matematikawan yang memilik peran penting bagi kemajuan NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat). Ia memecahkan batas-batas untuk wanita kulit hitam dalam bidang matematika, menghitung lusinan lintasan untuk NASA termasuk penerbangan Apollo 11 ke bulan pada 1969.

Pada 22 September 2017 NASA meresmikan fasilitas penelitian dengan menggunakan namanya, Katherine G. Johnson.

Ia membantu menghitung koordinat untuk penerbangan antariksa manusia pertama dan merupakan wanita pertama di NASA yang mendapatkan penghargaan otoritatif pada lembar penelitian. Menghitung persamaan geometri analitik hidup dan mati.

Matematikawan NASA yang menghitung lintasan untuk perjalanan pertama Amerika ke ruang angkasa dengan misi Alan Shepherd pada tahun 1961. Dia juga memperhitungkan peluncuran untuk John Glenn, astronot Amerika pertama yang mengelilingi dunia tahun 1962.

Merupakan tokoh sentral dalam buku dan film 'Hidden Figures', berhasil memenangkan Medali Kebebasan Nasional 2015.

Tiga figur boneka barbie seri terbaru itu akan diproduksi massal dan dijual di toko-toko, namun perusahaan mainan tersebut belum memiliki tanggal pasti kapan akan menjualnya.

Wakil presiden senior dan manajer umum Barbie, Lisa McKnight, Selasa (7/3/2018) dalam siaran pers menyatakan, "Sebagai merek yang mengilhami potensi tak terbatas pada anak perempuan, Barbie akan mengapresiasi sejumlah model yang paling banyak dijadikan panutan sepanjang waktu, menyambut Hari Perempuan Internasional." (sa)

Berita terkait
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.