Kemensos dan Dinsos Bersinergi Lancarkan Hari Lanjut Usia Nasional

Kementerian Sosial dan Dinas Sosial terus berupaya memastikan hak-hak para lansia terpenuhi, termasuk melayani dan menyiapkan ruang untuk mereka.
Kementerian Sosial dan Dinas Sosial memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2021 di Surabaya, Sabtu, 29 Mei 2021. (Foto: Tagar/Kemensos RI)

Surabaya - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 yang diperingati pada Sabtu, 29 Mei 2021, berjalan lancar. Mengusung tema 'Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga' Kementerian Sosial membuktikan penghormatan atas pengabdian para lansia terhadap keluarga, masyarakat, dan negara.

Makna tema tersebut adalah keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan peringatan ini adalah suatu ucapan kepada lansia yang selama ini memberikan kontribusi dan semangat luar biasa sehingga menghasilkan generasi yang dapat meneruskan perjuangan para pendiri bangsa dan pahlawan.

Karenanya Kementerian Sosial dan Dinas Sosial terus berupaya dalam memastikan hak-hak para lansia terpenuhi. Tak terkecuali melayani dan menyiapkan ruang untuk para lansia.

“Kita sedang mengembangkan Sentra Kreasi ATENSI di beberapa balai yang diharapkan bisa memberikan bantuan layanan untuk lansia mulai dari alat bantu, aksesbilitas sampai memberikan dukungan layanan kependudukan,” kata Mensos Risma di Surabaya, Sabtu, 29 Mei 2021.


Kami peduli, kami siap membantu. Kami buktikan lewat hadirnya kami saat merayakan Hari Lanjut Usia Nasional 2021.


Oleh karena itu, sinergi pemerintah pusat, pemerintah daerah, termasuk dinas sosial terus dilakukan. Sehingga penanganan layanan lanjut usia lewat program yang komprehensif takkan pernah usai.

“Kami peduli, kami siap membantu. Kami buktikan lewat hadirnya kami saat merayakan Hari Lanjut Usia Nasional 2021,” kata Abdul Madjid, Kepala Seksi Anak dan Lansia, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Menteri Sosial juga memberikan ide untuk membentuk posyandu lansia, di mana para lansia dapat mempunyai tempat untuk bercerita, melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan melakukan senam bersama sehingga mereka bisa saling memperhatikan satu sama lain.

“Kita juga masih berpikir dengan teman-teman Kemensos untuk para lansia di seluruh Indonesia maupun luar negeri bisa merasakan bagaimana menjalankan waktunya dengan kegembiraan, kebahagiaan dan perhatian,” ujar Mensos. []


Baca juga: Risma Kirim Tim Investigasi Usai Terima Laporan Beras Tak Layak Konsumsi





Berita terkait
Peringatan HLUN 2021, Risma Berikan Bantuan Kepada Pusaka
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan kepada Pusat Santunan Keluarga (Pusaka) terakreditasi dalam memperingati acara HLUN 2021.
Dituding Korupsi Bansos, Mensos Risma Buka Suara
Menteri Sosial Tri Rismaharini buka suara terkait pengakuan penyidik KPK Novel Baswedan yang mengatakan besaran korupsi bantuan sosial.
Motor Roda Tiga dari Mensos Tri Rismaharini untuk Gading Ogi Saputra
Kegigihan Gading Ogi Saputra menyentuh hati Menteri Sosial Tri Rismaharini, hingga ia memberikan modal usaha dan sepeda motor roda tiga elektrik.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika