Jakarta - Arsenal akhirnya menghapus rekor buruk di pertandingan tandang. Dalam lanjutan Liga Premier Inggris, Selasa, 16 April 2019 dinihari WIB, Arsenal sukses meraup tiga poin setelah mengalahkan Watford 1-0 di Stadion Vicarage Road. Satu-satunya gol dicetak Pierre-Emerick Aubameyang yang memanfaatkan blunder kiper Ben Foster.

Kemenangan itu menjadikan tim dari London Utara ini memperbaiki posisinya di klasemen sementara. Mereka masuk ke zona Liga Champions setelah naik ke peringkat empat dengan poin 66 sekaligus menggeser dua pesaingnya, Chelsea dan Manchester United.

Ini juga menjadi kemenangan pertama di laga away sejak Februari 2019 saat Arsenal mengalahkan tuan rumah Huddersfield 2-1. Sedangkan Aubameyang kembali menunjukkan ketajamannya saat bermain di luar kandang. Penyerang tim nasional Gabon kelahiran Prancis ini terakhir kali mencetak gol tandang saat Arsenal bermain imbang 1-1 melawan Brighton & Hove Albion di pertandingan Boxing Day, 26 Desember 2018. 

Manajer Unai Emery pun setidaknya bisa bernafas lega. Bagaimana tidak, Arsenal pun memperbaiki rekor kemasukan saat melakoni laga tandang. Bila sebelumnya selalu kebobolan, kali ini gawang The Gunners tetap clean sheet 

Sukses tersebut tentu menjadi modal berharga Arsenal yang hendak melakoni pertandingan tandang di Liga Europa. Kepercayaan diri pemain Arsenal setidaknya meningkat untuk menghadapi tuan rumah Napoli di laga kedua perempat final di Stadion San Paolo, Kamis, 18 April 2019. Di laga pertama, Mesut Oezil dkk sudah unggul 2-0. 

Sebaliknya, Watford gagal memperbaiki posisinya di klasemen. Padahal bila menang, mereka bisa naik ke peringkat tujuh. Hasil itu menjadikan Watford tertahan di posisi 10 dengan poin 46. Rekor kandang mereka yang tak terkalahkan di lima laga terakhir pun ternoda dengan kekalahan tersebut. 

Blunder Pemain

Dalam laga itu, Watford sesungguhnya mengawalinya dengan baik. Sayangnya, kesalahan yang dilakukan dua pemain Watford, kiper Foster dan kapten Troy Deeney, membuat Arsenal mampu mengungguli tuan rumah. 

Diawali oleh blunder Foster saat menerima backpass dari Daryl Janmaat. Namun eks kiper MU yang bermaksud membuang bola ini tidak menyadari bila Aubameyang mengejarnya. Tendangan eks kiper timnas Inggris ini justru mengenai kaki Aubameyang yang datang tiba-tiba dan langsung meluncur ke gawang Watford. Gol itu tercipta di menit 10.

Setelah tertinggal 0-1, hanya berselang satu menit, Watford malah kehilangan seorang pemain, Deeney. Sikutan kapten Watford ini mengenai wajah Lucas Torreira yang langsung berbuahkan kartu merah. 

Pelanggaran itu dianggap berat dan Deeney bakal menerima sanksi larangan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peluang mendapatkan keringanan sanksi bila mengajukan banding pun tampaknya kecil. 

Mark Clattenburg sebagai ofisial pertandingan memberi keterangan bila Deeney sama sekali tidak komplain dengan kartu merah itu. Menurut dia, wasit memberikan kartu merah karena sikutannya jelas membahayakan pemain lawan.

Hanya, manajer Watford Javi Gracia yang agak keberatan dengan keputusan wasit Craig Pawson. Menurutnya keputusan itu tidak adil.

"Pelanggaran itu seharusnya hanya mendapat kartu kuning. Troy tak memberi penjelasan apa pun. Saya memang melihat adanya kontak tetapi tidak kasar. Tidak agresif dengan sikutan itu," kata Garcia.

Setelah insiden itu, Watford yang bermain dengan 10 orang sejak menit-menit awal ini tetap berusaha mengimbangi Arsenal. Foster pun tetap menunjukkan penampilan terbaik dengan melakukan beberapa penyelamatan. Sayangnya, mereka tak bisa mengejar ketinggalan dan mengalami kekalahan di kandang sendiri.[]

Baca juga: 

Watford vs Arsenal, Tim Tamu Selalu Kebobolan

Arsenal Menang, Manajer Puas 60 Persen. Mengapa?

Menang vs Napoli, Arsenal Berpeluang ke Semifinal