Jakarta - Pemain depan Liverpool Mohamed Salah memang 'bomber'. Tendangan jarak jauhnya menghancurkan pertahanan Chelsea. Gol Salah mengantarkan Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Premier Inggris setelah menang 2-0 atas Chelsea dalam big match di Stadion Anfield, Minggu, 14 April 2019. 

Begitu mencetak gol indahnya, Salah langsung dipeluk para pemain Liverpool sebagai bentuk dukungan terhadap bintang asal Mesir ini yang mendapat ejekan bernada rasis dari oknum suporter Chelsea. Tak hanya itu, suporter pun menyanyikan lagu wajib, 'You'll Never Walk Alone' menyambut gol Salah. Ya, pemain berusia 26 ini tidak akan sendirian karena ada suporter yang mendukungnya. Dan, lagu wajib itu tak berhenti dinyanyikan suporter sampai akhir pertandingan. 

Sebelum pertandingan, mereka yang berada di stadion mengenang 30 tahun tragedi Hillsborough. Peristiwa yang disebut Hillsborough Disaster terjadi pada 15 April 1989. Saat itu, 96 suporter Liverpool dalam insiden di Stadion Hillsborough yang menjadi tempat pertandingan semifinal Piala FA antara The Reds melawan Nottingham Forest. Ini merupakan tragedi terbesar dalam sejarah sepak bola Inggris.

Kemenangan atas Chelsea menjadikan Liverpool tak terkalahkan dari rivalnya di musim ini. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge. 

Tak hanya itu, Liverpool pun akhirnya bisa bernafas lega karena kembali ke puncak klasemen. Kini, mereka memiliki poin 85. Unggul dua poin dari Manchester City yang bertengger di peringkat dua. Hanya, City masih menyimpan satu pertandingan. 

Sebaliknya, Chelsea gagal memperbaiki posisinya. Dengan poin 66, mereka tertahan di peringkat empat. Posisinya terancam digeser Manchester United dan Arsenal yang hanya terpaut dua dan tiga poin. 

Pertandingan itu sendiri berjalan ketat. Liverpool sempat kesulitan menembus pertahanan kokoh Chelsea. Sebaliknya, Chelsea yang memiliki beberapa peluang juga tak bisa memanfaatkannya. 

Tuan rumah baru bisa membobol gawang Chelsea saat sundulan Sadio Mane gagal diselamatkan kiper Kepa Arrizabalaga menit 51. Gol itu tampaknya langsung meruntuhkan mental pemain Chelsea. 

Terbukti hanya berselang dua menit, Salah menaklukkan kiper Kepa. Dari luar kotak penalti, eks pemain Chelsea ini melepaskan tendangan keras yang meluncur ke sudut kanan atas gawang Kepa. 

Setelah gol itu, Liverpool tak menambahnya lagi. Meski demikian, kemenangan 2-0 itu menjadi modal berharga Liverpool yang akan melakoni laga kedua perempat final Liga Champions menghadapi tuan rumah Porto. Di laga pertama, Liverpool sudah unggul 2-0 atas lawannya. []

Baca juga: 

Hentikan Hazard, Liverpool Butuh 13 Pemain