Kadin Ungkap Alasan Roda Ekonomi RI Menggeliat Lagi

Arsjad Rasjid mengungkapkan ada beberapa satu hal yang membuat roda perekonomian Indonesia kembali menggeliat.
M Arsjad Rasyid (foto: investor.id).

Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengungkapkan ada beberapa satu hal yang membuat roda perekonomian Indonesia kembali menggeliat setelah dihantam habis oleh pandemi Covid-19.

"Apa yang harus dibutuhkan untuk roda ekonomi ini bisa berjalan cepat lagi? Sorry ngomong, uang," kata Arsjad Rasjid dalam pelantikan pengurus baru Kadin Indonesia secara virtual, Rabu, 20 Oktober 2021.

Yang dimaksud uang, menurut Arsjad adalah perputaran uang untuk menggerakkan roda ekonomi. Menurutnya hal itu bisa dicapai dengan tiga hal, bank sentral mencetak uang, menambah utang, ataupun investasi.

Dari ketiga pilihan itu, Arsjad mengatakan yang paling aman adalah aliran investasi. Dia mengatakan bila bank sentral mencetak uang lebih banyak dapat membuat kondisi ekonomi tidak stabil.


Kita mau bangun Indonesia Incorporated, di mana kita satu dan mau bawa investasi masuk. Kadin adalah bagian dari itu.


"Kalau harapan kita itu investasi yang masuk. Supaya tidak banjir dengan uang yang banyak bila bank sentral mencetak uang dan dampaknya yang negatif. Atau kalau bicara utang juga nggak bisa terlalu banyak utang, bisa jadi masalah. Maka investasi jadi kunci, baik dari luar dan dalam," papar Arsjad.

Maka dari itu dia bilang pengusaha akan membantu pemerintah untuk menarik investasi demi menggerakkan ekonomi Indonesia.

"Kita mau bangun Indonesia Incorporated, di mana kita satu dan mau bawa investasi masuk. Kadin adalah bagian dari itu," katanya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
OJK Perpanjang Kebijakan Stimulus Perekonomian
OJK terbitkan dua ketentuan yang perpanjang masa kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit perbankan dari Maret 2022 menjadi Maret 2023
Pemerintah Gandeng IA ITB Tingkatkan Perekonomian Nasional
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Umum IA ITB Gembong Primadjaya mengukuhkan kerja sama program KUR untuk meningkatkan perekonomian.
Puan Dukung Penutupan BUMN Sakit yang Habiskan Uang Rakyat
Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung agar BUMN yang sakit ditutup saja sebab cenderung menghabiskan uang rakyat dan memang lebih baik ditutup.
0
Kadin Ungkap Alasan Roda Ekonomi RI Menggeliat Lagi
Arsjad Rasjid mengungkapkan ada beberapa satu hal yang membuat roda perekonomian Indonesia kembali menggeliat.