UNTUK INDONESIA
Kades Hadakewa Dampingi Jokowi ke India, Bupati Bangga
Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday bangga dengan prestasi Kepala Desa Hadakewa yang terpilih mendampingi Presiden Jokowi ke India.
Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday (tengah). (Foto: humas.lembatakab.com)

Kupang - Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Kepala Desa (Kades) Hadakewa, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Klemens Kewaaman yang terpilih mendampingi Presiden Joko Widodo  (Jokowi) ke India pada September 2019.

Keberhasilan Klemens dalam memajukan desa dengan berbagai inovasi, menurut dia tak lepas dari tangan Kelemens yang mampu menggunakan dana desa untuk hal positif.

"Ini membuktikan bahwa Kepala Desa Hadakewa bisa memanfaatkan Dana Desa yang ada untuk menyejaterahkan masyarakat di desanya," kata Thomas saat dihubungi pada Kamis, 22 Agustus 2019 seperti dilansir dari Antara.

Thomas menyaksikan sendiri apa yang dilakukan Klemens sejak terpilih menjadi Kepala Desa Hadakewa pada 2001. Periode Oktober-Maret pinggir pantai desa Hadekawa selalu berbau amis, karena ikan-ikan kecil yang mati di pinggir pantai dibiarkan begitu saja.

Melihat kondisi tersebut, Kelemns pun mengembangkan program ikan teri dari ikan-ikan kecil yang mati di pesisir pantai.

"Setelah ia menjabat sebagai kepala desa langsung membuat desa mandiri dengan membuat Bumdes yang fokusnya untuk mengelola ikan teri," ujarnya.

Potensi Kepala Desa Hadakewa dalam mengembangkan program ikan teri pun dikembangkan dengan berbagai pelatihan dan kerja sama dengan Kementerian Desa serta Kementerian Perdagangan. Akhirnya, produk ikan teri dengan kemasan anyar dipasarkan, tidak hanya di pasar tapi secara daring atau online.

Tak hanya menorehkan prestasi untuk Klemens, pengembangan program ikan teri itu membawa berkah warga Desa Hadakewa. Salah satu desa tematik yang mendapat bantuan penyertaan modal bagi pengembangan usaha ekonomi kreatif sebesar Rp 200 juta per tahun. []

Berita terkait
Jokowi Lanjut Bagi Sertifikat di Kupang
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 21 Agustus 201. Kunjungan sehari Jokowi bagi-bagi sertifikat.
Tempat Wisata di Kupang Bikin Adem Mata
Kupang menjadi salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang banyak menyimpan potensi wisata.
BMKG Sebut Gempa Kupang Akibat Aktivitas Tektonik di Outer-Rise
BMKG sebut gempa Kupang akibat aktivitas tektonik di outer-rise. Gempa berkekuatan 6,2 pada Skala Richter ini sempat menimbulkan kepanikan warga di Kabupaten Kupang.
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.