Jokowi Perkenalkan 6 Menteri Baru, Ada Sandiaga Uno dan Gus Yaqut

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Maruf Amin resmi memperkenalkan enam menteri baru. Ada Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, dan Gus Yaqut.
Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma\'ruf Amin resmi memperkenalkan enam menteri baru. Ada Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, dan Gus Yaqut. (foto: Tagar/YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi memperkenalkan enam menteri baru yang akan menjadi anggota Kabinet Indonesia Maju 2020-2024. Dua di antaranya adalah Sandiaga Uno dan Yaqut Choilil Qoumas (Gus Yaqut).

Saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 22 Desember 2020, pertama-tama Presiden Jokowi memanggil Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akan bertugas menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial RI.

Kemudian, presiden memanggil mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno yang dipercayakan memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sandiaga menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Baca juga: Profesional Jabat Menteri, Jokowi Harus Tendang Wakil Partai

"Beliau adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi.

Selanjutnya, Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya tercatat sempat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri, Direktur Utama Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mendapat pos baru menggeser Terawan Agus Putranto.

"Dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," ucapnya.

Jokowi melanjutkan, ia juga memercayakan sosok pengganti Menteri Agama Fachrul Razi adalah Yaqut Cholil Qoumas. 

"Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," tuturnya.

Baca juga: Jokowi Akan Umumkan Menteri Baru, Ini Nama-namanya

Lalu, Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya memegang jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan RI, akan diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terseret skandal korupsi.

"Yang terakhir bapak Muhammad Lutfi. Beliau sebelumnya pernah di kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," ujarnya.

Jokowi menerangkan, pelantikan keenamnya akan dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020. 

"Saya rasa itu perkenalan yang bisa sampaikan pada sore hari ini dan pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah besok pagi," kata Jokowi. []

Berita terkait
Ucapan Selamat Hari Ibu dari Jokowi hingga Raisa Andriana
Beberapa selebritis Tanah Air, politikus hingga orang nomor satu di RI pun turut memberi ucapan selamat hari Ibu di laman akun sosialnya.
Jokowi: Kebijakan yang Berjalan Baik akan Terus Berlanjut di 2021
Presiden Joko Widodo menegaskan kebijakan-kebijakan yang sudah berjalan baik pada 2020 akan terus berlanjut di 2021
Jokowi Ungkap Strategi Terbaik Pemerintah di Awal Tahun 2021
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui tahun 2020 sulit bagi RI karena pandemi Covid-19. Namun, ia optimis tahun 2021 dapat bangkit.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.