Jakarta (Tagar 8/12/2018) - Twitter menjadi salah satu platform media sosial cepat dalam menginformasikan berbagi kabar. Beragam topik pun diperbincangan di media sosial berlambang burung tersebut.

Mulai dari topik kegiatan sehari-hari, lawakan receh, kabar hiburan, berbalas pantun, sampai informasi sepak bola. Tak hanya itu, sejumlah akun petinggi negara dan politisi juga menjadi sasaran percakapan di Twitter.

Gerak-gerik panggung politik Tanah Air memang banyak diintip di Twitter. Selama ada topik yang diperbincangkan, netizen bakal ikut nimbrung. Cuitan pun dilakukan. Diikuti hashtag bertaburan.

Bila menelisik dua calon presiden Pemilu 2019, petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto juga memiliki akun Twitter resmi masing-masing. Keduanya kerap menjadi bahan perbincangan, baik dari pihak yang pro maupun kontra.

Namun, akun Twitter capres nomor urut dua, @prabowo, ternyata kalah saing dengan akun capres nomor urut satu, @jokowi. Twitter Indonesia melalui halaman resminya belum lama ini merilis 10 akun Indonesia yang paling banyak diperbincangkan di Twitter.

@jokowi bertengger di nomor urut satu akun Indonesia yang banyak dibahas netizen. Sementara akun @prabowo berada di posisi keempat.

Twitter IndonesiaTwitter Indonesia merilis 10 akun Tanah Air yang banyak diperbincangkan netizen 2018. (Foto: Istimewa)

Berada di depan akun capres yang berpasangan dengan Sandiaga Uno itu akun novelis @FiersaBesari yang kerap mencuit kata-kata mutiara di posisi dua, dan akun lucu @seterahdeh di posisi ketiga.

Diikuti akun @bayu_joo urutan lima, akun politikus partai Gerindra @fadlizon di nomor enam, akun pecinta klub Machester United @ARMYIndonesia di posisi tujuh, akun Wakil Ketua DPR @Fahrihamzah di urut delapan, akun cawapres nomor urut dua Pipres 2019 @sandiuno di posisi sembilan, serta akun @andhiyat di urutan sepuluh.

Twitter Jokowi PrabowoAkun resmi Twitter Presiden Joko Widodo dan akun resmi Twitter Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Tagar News)

Jika dilihat dari jumlah pengikut Twitter, akun Prabowo juga kalah telak dengan follower akun Jokowi. Akun Joko Widodo diikuti oleh 10.610.985 fans sementara akun Prabowo Subianto 3.397.566 penggemar.

Selain merilis akun Indonesia yang paling banyak diperbincangkan, Twitter Indonesia juga mencatat pengguna media sosial berlambang burung itu berbagi info, opini, dan review film layar lebar. Dilan 1990 terpilih sebagai film yang paling diperbincangkan netizen lantaran penonton berharap kisah cintanya seperti Dilan & Milea.

Catatan Twitter Indonesia juga menyangkut banyak netizen berpartisipasi dalam percakapan global dan lokal dengan menggunakan tagar atau hashtag. Tagar yang paling banyak dipakai adalah #BTS. Tagar yang digunakan ketika berbincang mengenai boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys.