Jokowi Minta Jajarannya Siap Hadapi Fenomena La Nina

Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta jajarannya siap menghadapi fenomena iklim La Nina.
Penjelasan Jokowi terkait penghapusan upah minimum di UU Ciptaker. (Tagar/Youtube resmi Setpres)

Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta jajarannya siap menghadapi fenomena anomali iklim La Nina. Akibat dari La Nina, curah hujan di Indonesia akan meningkat.

Data menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20 hingga 40 persen di atas normal.

"Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia akan naik 20-40 persen di atas normal,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai Antisipasi Bencana Hidrometeorologi melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Karena [peningkatan curah hujan] 20 sampai 40 persen itu bukan kenaikan yang kecil.

Secara khusus, Kepala Negara menginstruksikan jajarannya untuk segera menghitung potensi dampak yang ditimbulkan kepada sejumlah sektor seperti pertanian, perikanan, dan perhubungan.

"Karena [peningkatan curah hujan] 20 sampai 40 persen itu bukan kenaikan yang kecil," tuturnya.

Jokowi juga meminta agar informasi mengenai perkembangan cuaca terus disampaikan sesegera mungkin kepada seluruh provinsi. Dengan itu, pemerintah daerah dapat secara optimal mempersiapkan langkah-langkah pencegahan untuk mengantisipasi pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"Saya minta untuk disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya sebetulnya curah hujan bulanan ke depan ini akan terjadi kenaikan seperti apa," tuturnya.

Berita terkait
Hujan Lebat Picu Longsor di Ciganjur, Satu Warga Tewas
Hujan lebat disertai angin kencang berdampak pada longsornya tanah di Ciganjur, Jaksel. Seorang warga tewas akibat musibah itu.
Musim Hujan Tiba, Ragam Cara Bentengi Diri dari Virus Corona
Perubahan suhu cepat akibat hujan dapat membuat imunitas terganggu sementara di satu sisi Anda harus membentengi diri saat pandemi corona.
Doa Turun Hujan dan Setelah Reda, Agar Senantiasa Berkah
Dalam kepercayaan muslim, doa ketika turun hujan pasti dikabulkan. Berikut bunyi doa ketika hujan turun dan setelah hujan reda. Dan artinya.
0
Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jokowi Pakai Pakaian Adat Kalsel
Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Selasa 1 Juni 2021 dengan mengenakan pakaian adat dari Tanah Bumbu Kalsel.