Jokowi Minta GP Anshor Beli Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta agar seluruh anggota GP Ansor membeli produk-produk dalam negeri.
Presiden Jokowi saat meresmikan secara virtual gedung sekolah vokasi Undip Semarang, Rabu, 26 Agustus 2020. Jokowi minta industri membuka akses kemudahan mahasiswa untuk magang minimal selama satu semester. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden Jokowi meminta agar seluruh anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor membeli produk-produk dalam negeri.

Jokowi juga mengajak GP Ansor mencintai dan mempromosikan produk-produk dalam negeri yang bersumber dari petani lokal, nelayan lokal, juga produk usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah.

"Saya yakin dengan gerakan bersama ini kita bukan hanya akan membantu kehidupan para petani, nelayan, dan UMKM," tutur Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, melalui keterangan pers yang diterima Tagar di Jakarta, Minggu 20 September 2020.

Membantu petani, nelayan, dan UMKM, kata Jokowi, juga akan membuat ekonomi bisa ikut bergerak sehingga negara bukan hanya bisa pulih dari ancaman penyebaran pandemi, namun, ekonominya juga bisa bangkit kembali menuju pada kondisi yang normal kembali.

Memperbanyak infak dan sedekah, terutama ketika saat ini banyak saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa salah satu ujian terberat yang dihadapi umat manusia di seluruh dunia sekarang ini, termasuk Indonesia adalah pandemi Covid-19.

"Pandemi ini juga menimbulkan kecemasan dan ketakutan yang luar biasa, berdampak langsung pada kesehatan dan keselamatan manusia, juga di bidang ekonomi dan sosial," ujar Jokowi.

Suplai barang dan jasa, menurut Jokowi, menjadi terhambat, pertumbuhan ekonomi melambat, jutaan orang kehilangan pekerjaan, pola kerja dan hubungan sosial berubah, dan berbagai dampak-dampak yang lainnya.

Dalam situasi seperti ini, menurut Presiden, ketangguhan sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian. Untuk itu, Presiden minta semua harus satu barisan, frekuensi, dan semangat, karena perlu kerja keras, berikhtiar dengan sungguh-sungguh, baik ikhtiar dhohir maupun batin.

"Ikhtiar dhohir antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan sering-sering mencuci tangan," ujarnya.

Selain itu, menurut Jokowi, menjaga wudu, mengonsumsi makanan halal dan thayyib, baik, sehat, dan bergizi, olahraga yang cukup dan teratur serta juga istirahat yang cukup, dan tidak stres.

“Adapun ikhtiar batin adalah memperbanyak zikir, istigfar, dan taubat kepada Allah. Memperbanyak infak dan sedekah, terutama ketika saat ini banyak saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan, banyak saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan-bantuan,: ujarnya.

Karena itu, Jokowi mengajak seluruh anggota Gerakan Pemuda Ansor di manapun berada, baik secara individual maupun kolektif, ikut turun tangan bersama-sama Pemerintah dan elemen bangsa yang lainnya ikut membantu meringankan beban saudara-saudara.

Berita terkait
Putra Jokowi Ditipu, Polri Tangkap Remaja dari Medan - Aceh
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berhasil menangkap 4 orang pelaku upaya penipuan terhadap putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang Pangarep.
Jokowi Diminta Ikut Kawal Penyidikan Kebakaran Kejagung
Direktur Eksekutif Persada UB Fachrizal Afandi meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi ikut mengawal penyidikan soal kebakaran di Kejagung.
Ditusuk Pisau, Syekh Ali Jaber Malah Minta Maaf ke Pelaku
Kepada pelaku penusukan terhadap dirinya, Syekh Ali Jaber malah meminta maaf.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.