UNTUK INDONESIA
Jokowi di RSPAD, Dari Kemeja Grafiti Lanjut Kaus Asian Games
Jokowi di RSPAD dari kemeja grafiti lanjut kaus Asian Games. 12 jam tes kesehatan, 'Insya Allah sehat semuanya.'
Jokowi di RSPAD, Dari Kemeja Grafiti Lanjut Kaus Asian Games | Bakal capres-cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (kedua kiri) menyaksikan Ma'ruf Amin (tengah) menerima dokumen dari Ketua Umum PB IDI Ilham Oetama Marsis (kanan) seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan tes kesehatan bagi bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2019 hingga 13 Agustus 2018. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Jakarta, (Tagar 12/8/2018) - Jokowi berangkat ke RSPAD mengenakan kemeja grafiti warna-warni bertuliskan 'bersih merakyat kerja nyata', kurang lebih dua belas jam kemudian tes kesehatan berakhir, ia pulang mengenakan kaus Asian Games.

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah keluar dari Unit Pemeriksaan Kesehatan (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, menuntaskan pemeriksaan kesehatan.

Jokowi bersama Ma'ruf keluar lobi gedung MCU RSPAD pada Minggu sekitar pukul 20.30 Wib.

"Alhamdulillahirobbilalamin, saya dengan Profesor KH Ma'ruf Amin telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan kami, insya Allah sehat semuanya," kata Presiden Jokowi, di depan lobi MCU mengutip Antara.

Presiden Jokowi mengenakan kaos putih berlogo Asian Games 2018, sementara KH Ma'ruf Amin mengenakan kemeja putih dan jas putih bersarung krem hitam.

Jokowi Maruf Selesai Tes KesehatanBakal capres-cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (ketiga kanan) dan Ma'ruf Amin (keempat kiri) berjalan keluar seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan tes kesehatan bagi bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2019 hingga 13 Agustus 2018. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Pasangan bakal capres dan cawapres itu, tiba di RSPAD Gatot Subroto sejak pukul 08.00 Wib.

Bakal calon presiden petahana itu menilai kondisi jasmani Ma'ruf Amin masih segar bugar.

"Memang waktunya saya sedikit lebih cepat karena memang mulainya lebih cepat saya," ujar Jokowi.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menyerahkan Surat Tanda Selesai Pemeriksaan bagi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diwakili oleh Prof dr Ilham Oetama Marsis.

Menurut Ilham, seluruh proses pemeriksaan kesehatan kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin selesai pada pukul 19.30 Wib.

IDI sebelumnya mengatakan kesimpulan yang akan diberikan kepada KPU pada pekan ini adalah calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani; serta positif atau negatif penyalahgunaan narkoba.

Hasil Pemeriksaan

Sebelumnya, Tim Penilai Kesehatan para bakal calon presiden dan wakil presiden RI 2019-2024 mengatakan, juga akan menyerahkan hasil pemeriksaan kepada bakal calon yang bersangkutan selain kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hasil pemeriksaan ini tentunya akan terbagi, pertama kami serahkan langsung kepada KPU. Yang kedua kami serahkan juga kepada para bakal calon," kata Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Jokowi Maruf Selesai Tes KesehatanBakal capres-cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kedua kanan) berbincang seusai menjalani tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan tes kesehatan bagi bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2019 hingga 13 Agustus 2018. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Ilham menyebutkan, pihaknya tidak berwenang menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kepada masyarakat.

Menurut dia, KPU yang akan mengumumkannya.

Ilham menjelaskan berdasarkan Surat Keputusan KPU, dibentuk Tim Penilai Kesehatan Jasmani dan Rohani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Tim ini merupakan gabungan yang terdiri dari Pengurus Pusat IDI, para pakar dalam bidang spesialisasi dan subspesialisasi dari fakultas-fakultas kedokteran di Indonesia dan dari rumah sakit," katanya lagi.

Ia menjelaskan penanggung jawab tim tersebut adalah Ketua Umum IDI dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Ilham menjelaskan pula, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan wapres RI 2019-2024, tim akan melakukan rapat pleno.

"Rapat pleno ini akan membahas hasil-hasil pemeriksaan, baik pemeriksaan jasmani, pemeriksaan rohani, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan-pemeriksaan tambahan, kemudian akan diambil hasil dan kesimpulan," katanya pula. []

Berita terkait
0
Gaya Rambut Kaesang Pangarep Saat Pelantikan Jokowi
Poni lempar ala Kaesang Pangarep mencuri perhatian publik hingga membuat gagal fokus saat pelantikan Presiden.