UNTUK INDONESIA
Jokowi Bebaskan Pajak Industri di Indonesia Timur
Pemerintah akan memberikan fasilitas pembebasan pajak penghasilan dan keringanan pajak penghasilan keapda industri di Indonesia Timur.
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Twitter/@setkabgoid)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan memberikan fasilitas pembebasan pajak penghasilan atau tax holiday dan keringanan pajak penghasilan atau tax allowance kepada industri yang ada di wilayah Indonesia Timur. Hal itu bertujuan untuk mengurangi jumlah kiriman barang melalui laut dari Pulau Jawa ke Indonesia Timur sehingga sehingga menarik investor untuk berinvestasi di wilayah tersebut.

Menurutnya, pemerintah telah memberikan subsidi sebesar Rp 436 miliar untuk menambah trayek tol laut menjadi 26. Kita melakukan evaluasi tol laut selama lima tahun terakhir ini, dan ternyata banyak manfaatnya. Untuk itu, trayeknya akan ditambah menajdi 26. Selain itu, industri juga akan mendapatkan fasilitas tax holiday dan tax allowance," ucap Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengeluhkan masih mahalnya biaya logistik meskipun sudah ada program tol laut. Peluncuran program tol laut beberapa tahun lalu itu menunjukkan bukti bahwa negara ingin menjamin ketersediaan maupun keterjangkauan bahan-bahan pokok di sejumlah wilayah.

Tol LautFoto: katadata

"Saya ingatkan bahwa tujuan awal dari tol laut adalah mengurangi disparitas harga baik itu antarwilayah, antarpulau, antardaerah, serta memangkas biaya logistik yang mahal. Namun, saya terima informasi dari lapangan bahwa biaya pengiriman logistik antardaerah masih mahal," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, biaya logistik dari Jakarta ke sejumlah daerah seperti Padang, Medan, Banjarmasin, hingga Makassar masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dari Jakarta ke Singapura, Hong Kong, Bangkok, bahkan Shanghai. Presiden meminta agar seluruh jajarannya dapat segera membenahi pengaturan itu, agar tujuan awal dari program tol laut dapat tercapai.

"Saya minta masalah ini dilihat secara detail dan komprehensif. Apakah masalahnya di pelabuhan, misalnya urusan dengan dwelling time (waktu tunggu bongkar muat) atau ada praktik monopoli di dalam transportasi dan distribusi barang sehingga biaya logistik tidak efisien," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 tersebut. []

Baca Juga:


Berita terkait
Keputusan Jokowi Pilih Ahok Ditentang Mujahid 212
Mujahid 212 menolak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang disebut Jokowi sebagai kandidat Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur
Ingin Ketemu Jokowi, Tamu Dicek Suhu Tubuh di Istana
Seluruh pegawai dan tamu yang yang ingin bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan kini harus melalui pemeriksaan suhu tubuh.
Jokowi Sebut Gejala Virus Corona Mirip Flu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tenang dalam menyikapi virus corona yang baginya seperti flu. Dia yakin penyakit ini dapat sembuh.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya