UNTUK INDONESIA

Jet Ski Safari Hadir di Makassar, Ini Harapan Gubernur Sulsel

Gubrnur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berharap, kehadiran Jet Ski Safari di Kota Makassar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kepulauan.
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat mencoba salah satu Jet Ski di Makassar, Minggu 29 November 2020. (Foto: Tagar/ist)

Makassar - Jet Ski Safari resmi hadir di Kota Makassar, peresmian Jet Ski Safari ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Minggu 29 November 2020.

Dalam sambutannya Gubernur Sulsel mengatakan, Sulawesi Selatan khususnya Makassar memiliki potensi wisata bahari yang cukup melimpah, dengan kehadiran Jet Ski Safari ini, masyarakat tidak perlu lagi beli Jet Ski.

Masyarakat di pulau akan mendapatkan manfaat karena dia yang menyiapin makanan dan berbagai cemilan-cemilan.

"Dengan adanya Jet Ski Safari ini, kita tidak perlu lagi beli Jet Ski, kecuali kalau penggemar. Apalagi pesannya bisa lewat aplikasi, kita tinggal naik, semua sudah disiapkan, dan sampai di pulau juga sudah disiapkan makanan," ujar Nurdin Abdullah.

Menurut Nurdin, ini sebuah paket wisata yang sangat bagus, tourism sport, dan juga paket wisata ini dapat menghidupkan ekonomi masyarakat di pulau.

"Masyarakat di pulau akan mendapatkan manfaat karena dia yang menyiapin makanan dan berbagai cemilan-cemilan, tentunya ini akan menghidupkan ekonomi mereka,'tuturnya.

Dia juga menyinggung, Sulawesi Selatan yang memiliki perahu yang terkenal, yakni Pinisi, namun sayang tidak menikmati itu, justru yang nikmati orang luar, karena keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya pelabuhan untuk perahu Pinisi.

"Memang satu yang menyedihkan bagi kita, kita pembuat Pinisi tapi yang nikmati justru masyarakat di Labuan Bajo NTT, kita harus buat pelabuhan Pinisi di Pantai Losari," bebernya.

Dia menambahkan, ke depan akan ada beberapa fasilitas yang dibangun di pulau terluar di Kota Makassar, serta pembangunan dermaga terintegrasi.

"Kita akan bangun beberapa dermaga, salah satunya di Center Point of Indonesia (CPI) di Pantai Losari," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Akbar Nugraha mengatakan, kehadiran Jet Ski Safari di Makassara akan melengkapi atraksi wisata bahari.

"Varian atraksi wisata bahari telah tumbuh di Makassar. Kehadiran trip kapal Pinisi yang kita dorong sebagai wujud wisata budaya akan semakin lengkap dengan kehadiran Jet Ski Safari sebagai atraksi sport tourism," ucapnya

Jet Ski Safari, lanjutnya hadir sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan potensi bahari melalui water sport tourism di Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar.

"Paket wisata bahari kita akan semakin lengkap. Pemprov melalui Badan Promosi Sulsel harus hadir mendorong pemulihan ekonomi masyarakat dari sektor tourism," ungkapnya.

Melalui peluncuran JSM diharapkan kecintaan masyarakat kepada bahari semakin tinggi dan ikut aktif berpartisipasi mempromosikan destinasi bahari di Sulawesi Selatan secara nasional.

Sementara itu putra Gubernur Sulsel Uji Nurdin, mengaku siap menjadi tokoh Penggerak Sport Tourism di Sulawesi Selatan.

Banyak warga pulau yang menggantungkan hidupnya dengan kunjungan orang-orang berduit.

Menurut Uji, sport tourism merupakan salah satu sektor yang bisa memberikan nilai tambah. Bukan hanya kalangan menengah keatas, melainkan sport tourism bisa memberikan efek domino langsung ke masyarakat utamanya warga di daerah kepulauan.

"Banyak warga pulau yang menggantungkan hidupnya dengan kunjungan orang-orang berduit. Ini yang saya coba trigger bersama teman-teman komunitas Jet Ski," kata dia.

Hal sama juga disampaikan Chief Executive Officer Jetski Safari Makassar Johanes Tyos. Menurutnya JSM merupakan operator kegiatan water sport tourism yang menyediakan paket touring mengunakan jetski dan kapal menuju destinasi lokasi atau pulau tertentu.

"Paket touring inilah yang kita perkenalkan di Makassar dengan istilah islands hopping," ungkapnya.

Pendirian JSM, lanjutnya digagas karena tingginya minat masyarakat Makassar untuk dapat menikmati islands hopping dengan menggunakan jetski dan kapal moderen maupun tradisional.

"Peminat paket touring ini jelas ingin merasakan experience laut sambil rekreasi dan berolahraga," ungkapnya.

Hadir dalam peluncuran Jet Ski Safari Makassar ini, yakni Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dan Wali Kota Makassar serta Kapolrestabes Makassar. []

Berita terkait
Jet Ski Safari, Resmi Hadir di Kota Makassar
Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar memiliki tempat wisata yang menarik, untuk itu kini Jet Ski Safari hadir di Makassar
Sensasi Wisata Bahari di Pariaman, Belum Banyak Orang Tahu
Selain pemandangan yang eksotis, di sepanjang Pantai Gandoriah juga ditumbuhi pohon pinus sehingga menjadikan kawasan objek wisata.
Film "Sang Haloban" Diharapkan Dapat Mengekspos Pulau Wisata Bahari di Singkil
Rencanaya film "Sang Haloban" akan mengambil tempat syuting di Pulau Tailana, Pulau Balung, dan beberapa pulau lainnya.
0
Banpres Produktif Dewa Penyelamat Bagi Usaha Mikro di Babel
KemenkopUKM memantau langsung pelaksanaan program Banpres Produktif Usaha Mikro di Kota Pangkalpinang.