UNTUK INDONESIA
Jerinx Minta Jokowi Larang Cover Pinokio Majalah Tempo
Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Jerinx meminta Jokowi melarang peredaran majalah tersebut lantaran dianggap menghina Pinokio.
Musisi asal Bali, Jerinx, dalam sebuah aksi panggung pertunjukan musiknya. (Foto: Instagram/JRXSID)

Jakarta - Penabuh drum kelompok musik Superman Is Dead, JRX alias Jerinx mengomentari polemik cover majalah Tempo yang menampilkan karikatur wajah presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan latar siluet bayangan hidung panjang mirip Pinokio.

Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Jerinx meminta kepada Jokowi untuk melarang peredaran majalah tersebut. Dengan nada satir, ia juga menyebut keberadaan sampul majalah tersebut telah menghina Pinokio.

"Pak @jokowi tolong @tempodotco ini segera dilarang. Ini penghinaan terhadap Pinokio," kata dia dalam cuitan di akun @JRX_SID, pada Senin, 16 September 2019.

"Langsung ganja dengan UU ITE agar mereka bungkam & media lain takut ikutan. Orang baik kok dilawan," kata dia lagi masih dalam twit yang sama.




Cuitan Jerinx kemudian mendapat respon masif dari ribuan warganet yang membanjiri kolom reply dan tanda suka pada twit tersebut.

Sementara dari pihak Tempo, Redaktur Eksekutif Majalah Tempo Setri Yasra telah memberikan respon terkait polemik cover Jokowi dengan siluet Pinokio.

Baca juga: Siapa Itu Pinokio?

Menurut dia, sampul majalah untuk bulan ini akan tetap sama. Ia juga menegaskan bahwa selama ini pihaknya belum pernah melakukan penggantian desain.

"Kami tidak pernah merevisi sebuah cover Majalah Tempo. Bahkan sepanjang sejarah Tempo berdiri, rasanya belum pernah terjadi itu," kata Setri kepada wartawan, Senin, 16 September 2019.

""Untuk edisi pekan ini, Majalah Tempo tetap ini cover-nya," ujar dia. []

Berita terkait
Sebelum Jokowi, Tempo Juga Pinokiokan Akbar Tandjung
Untuk kedua kali Majalah Tempo menjadikan gambar pejabat tinggi nasional dengan gambaran karakter Pinokio yaitu denganb hidung yang memanjang
Mantan Komandan Tim Mawar Adukan Majalah Tempo
Mantan Komandan Tim Mawar Chairawan Nusyirwan adukan Tempo ke Dewan Pers, tentang berita Tim Mawar dan Rusuh Sarinah.
Dewan Pers: Cover Tempo Kritik Jokowi
Dewan Pers menilai tidak ada pelanggaran jurnalistik yang dilakukan redaksi Tempo terkait gambar sampul Jokowi dengan siluet Pinokio.
0
Sri Mulyani dan Luhut Bakal Masuk Kabinet Lagi?
Sri Mulyani dan Luhut Binsar Pandjaitan diyakini banyak kalangan akan terpilih kembali menjadi menteri pada Kabinet Kerja jilid II